Kades Watu Baur, Kecamatan Reo Lakukan Program Padat Karya Tunai

0
546

SwaraNTT.netRUTENG~ Padat Karya Tunai di Desa (PKTD) merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif, dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting.

Hal serupa juga yang dilakukan oleh Albinus keen Lambung, S.Sos selaku kepala Desa Watu Baur-Kecamatan Reo kabupaten Manggarai.

Warga masy. Desa Watu Baur (sumber.Swarantt.net)

“Ini adalah program arahan langsung dari presiden, yang dilaksanakan untuk seluruh desa di Indonesia, ungkapnya,” Minggu (12/08/2018).

Pada bulan Juli tahun 2018 Ia melakukan program peningkatan pekerjaan jalan baru melalui Padat Karya Tunai (PKT).

Ia menjelaskan, pelaksanaan pekerjaan fisik tahap II kali ini sepanjang 580 meter dimana jalan tersebut menghubungkan wilayah pemukiman warga menuju Sekolah Dasar (SD) Watu Baur atau dari RT 04 ke RT 02.

“Dalam proses pengerjaan akses jalan baru tersebut tidak menggunakan alat berat tetapi dikerjakan secara manual dan swakelola oleh masyarakat Desa,” katanya.

Albinus Keen Lambung, menyatakan seluruh kegiatan pembangunan yang dananya bersumber dari dana desa berdasarkan musyawarah warga desa, perangkat desa dan badan perwakilan desa. Sehingga dalam pengelolaannya terserap dengan baik karena semua pihak ikut mengkawal mulai dari proses awal sampai akhir kegiatan.

Melalui program Padat Karya Tunai (PKT) secara swakelola sangat membantu pendapatan masyarakat desa dalam peningkatan ekonomi warga desa.

Selanjutnya Ia menjelaskan program PKT membuat dana desa terserap dengan baik.

“Dengan adanya UU Desa, pemerintah beri bantuan yang bermanfaat untuk masyarakat kecil dan dampaknya terasa oleh masyarakat langsung,” ujarnya. [Nathan/SN]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here