oleh

Akibat Longsor, Jalur Pagal – Benteng Jawa Hampir Putus

-DAERAH-138 views

Ruteng, Swarantt.net – Jalur penghubung Pagal– Benteng Jawa tepatnya di Kampung Lengor, Desa Pinggang, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai, NTT Hampir Putus Akibat Longsor pada Jumat, 25 Januari 2019 dini hari.

Separuh badan jalan aspal itu ambles hingga bahu jalan hampir lenyap tergerus longsor. Hal itu disebabkan curah hujan semakin tinggi yang mengguyur kecamatan Cibal dan sekitarnya (Kamis, 24 Januari 2019 sore sampai malam).

“Sebelumnya hujan deras dengan insensitas tinggi melanda wilayah Kecamatan Cibal” Ungkap Valerius Isnoho kepada swarantt melalui saluran Telepon.

Menurut Inso, bencana itu dipicu hujan deras dengan intensitas tinggi yang menyebabkan saluran air sekitar jalan tidak lancar.

Badan jalan pun tidak mampu menahan beban air hujan serta limpahan air dari saluran atas jalan raya sehingga longsor terelakkan.

Meski tergerus longsor, jalan masih bisa dilewati kendaraan roda dua melalui separuh jalan yang masih utuh namun kendaraan roda empat belum berani untuk melintasi jalan tersebut karena takut adanya longsor susulan lantaran kondisi tanah yang masih labil dan rawan terjadi longsor susulan.

Longsor itu praktis membuat lalu lintas di jalur itu agak tersendat. Kendaraan harus perlahan melewati titik itu karena sebagian badan jalan ambles.

“Kendaraan roda dua masih bisa lewat, tapi mobil tidak berani, mereka takut adanya longsor susulan” Ungkapnya

Isno juga meminta kepada pemerintah dan pihak terkait untuk menurunkan alat berat guna membuka jalan alternatif supaya arus lalulintas kembali berjalan normal.

“sebagai pengguna jalan, Kami minta perhatian pemerintah untuk menurunkan alat berat guna untuk membuka jalan alternatif” Tutupnya. [Peppy Kurniawan]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed