oleh

Anies Baswedan Ikut Main Caci dengan Masyarakat Manggarai di TMII

-NASIONAL-3.956 views

JAKARTA, SwaraNTT.Net – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir dalam festival budaya Manggarai di Anjungan NTT Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu, 18/8/2019.

Anies Baswedan hadir bersama Uskup Keusukupan Bogor, Mgr Paskalis Bruno Syukur.

Dalam sambutannya, Anis Baswedan menyampaikan rasa syukurnya karena diundang hadir dalam festival Manggarai ini.

“Saya bersyukur karena diundang hadir dalam acara Festival Manggarai. Bersyukur bisa bersama-sama masyarakat Manggarai di tempat ini,” jelas Anis.

“Apalagi saya dapat sarung dan ikatan kepala ini dan sekarang saya pasang di kepala saya sebagai sebuah  kehormatan tersendiri bagi saya,” ungkapnya.

Anis juga berterima kasih karena masyarakat Manggarai telah hadir dan memwarnai ibu kota.

“Saya dengar masyarakat Manggarai di Jakarta ada sekitar 70-80 ribu orang. Terima kasih sudah menjadi bagian dari masyarakat ibu kota dan telah ikut memwarnai ibu kota ini” kata Anis.

Lebih lanjut Anis menjelaskan tanah lahir kita boleh berbeda namun tanah air kita satu yaitu indonesia dan kita sama-sama memajukan bangsa ini.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode awal kabinet kerja Jokowi-Jk, menceritakan pengembangan sistim transportasi umum di Ibu Kota yang terinspirasi dari Manggarai.

“Jakarta secara khusus. Saya secara khusus terinspirasi oleh sebuah sisitim yang dibangun di Manggarai. Kami di Jakarta membangun sebuah sistim transportasi yang terintegrasi.

Kita membangun itu lalu terinspirasi dari sebuah konsep sawah yang ada di Manggarai. Lingko dan kami pinjam, kami pinjam kata lingko itu untuk menggambarkan transportasi umum sebagai sebuah sistim yang mempersatukan satu sama lain. Sebuah sistim yang ada ikatan kekerabatan.  Kami adopsi itu dan terima kasih. Di Manggarai telah mebuat inovasi yang sekarang kita adopsi ke tingkat nasional, mudah-mudahan bisa kita promosikan lebih jauh lagi,” jelas Anis.

Trasportasi umum itu katanya bukan sekedar memindahkan badan dari satu tempat ke tempat yang lain tetapi transportasi umum adalah ruang interaksi antar warga. Transportasi umum membuat semua orang stara.

“Saya berharap kita semua terus berkontribusi bagi Jakarta. Tunjukan kepada semua hadirnya masyarakat Manggarai di Jakarta mewarnai ibu kota dan buat masarakat Manggari di Manggarai bangga masyarakatnya yang ada di ibu kota,” harap Anis.

Anis juga mengingatkan bahwa  meskipun sudah tinggal di Jakarta, jangan pernah lupa akan tanah kelahiran kita, jangan pernah tinggalkan tanah lahir kita.

“Karena itu, di Jakarta pun kami tidak ingin menutup diri tidak ada lagi ada oprasi yustisia di Jakarta. Kenapa karena Jakarta adalah milih semua warga Indonesia, bukan milik sebagian orang,” ungkapnya.

“Kita berharap nantinya kerja bersama kita lebih intensif. Saya dengar tadi teman-teman yang  punya ide,  gagasan berkabarlah kami dengan senang hati nanti bertemu dan  kita dorong dan siap fasilitasi masyarakat Manggarai di ibu kota,” tutup Anis

Gubernur Anies turut memperagakan tarian caci dengan mencabuk salah satu pemain caci.

Kemudian dilanjutkan degan sesi pose bersama antara Gubernur Anies, Uskup Bogor dengan para panitia.

 

Sumber: www.matakatolik.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed