Bawaslu Ajak Mahasiswa Undana Ikut Awasi Pemilu

0
144

KUPANG, SwaraNTT ~ Kordinator Divisi Hukum Bawaslu Provinsi NTT,Melli Marpaung mengajak seluruh mahasiswa Undana Kupang untuk turut aktif dan terlibat dalam pengawasan pemilu tahun 2019 mendatang.

Keterlibatan mahasiswa sangat penting demi terwujudnya hasil demokrasi yang berkualitas dan bermartabat.

Hal itu disampaikannya dalam seminar nasiona yang diselenggarakan oleh jurusan ilmu politik Fisip Undana Kupang,Kamis (25/10) di aula Fisip Universitas Nusa Cendana. Seminar dengan tema “evaluasi Pilkada serentak dalam menyukseskan pemilu legislatif dan pemilu presiden dan wakil presiden 2019”.

Hadir sebagai pemateri lain juga ketua KPU NTT Yanti Adoe dan peneliti senior Formapi Lucius Karus,selain mahasiswa seminar juga dihadiri oleh para dosen dan staf Undana lain.

Marpaung mengatakan Pilkada serentak 2018 di 10 kabupaten provinsi NTT ditemukan juga cacat dan cela yang cukup banyak. Bawaslu menemukan sejumlah pelanggaran,seperti kasus kampanye hitam,politik uang,ijasah palsu dan sejumlah pelanggaran lain. “Di Kabupaten Nagekeo ada kasus politik uang, prosesnya penanganan sampai tuntas”katanya.

Khusus untuk Pemilu, Marpaung sangat berharap agar mahasiswa sebagai garda terdepan diminta untuk terlibat dalam pengawasan,dimana setiap tahapan pemilu harus dikawal bersama seperti pemutakhiran data pemilih, kampanye dan sejumlah tahapan lain. Dikatakan jika masyarakat terlibat dalam pengawasan dan aktif maka tentu hasilnya bisa maksimal.

Sementara Lucius Karus mengatakan mahasiswa adalah bagian dari civil society yang tidak boleh ditunggangi oleh kepentingan politik atau kepentingan lain.

Lucius juga mengkritisi proses pengkaderan partai politik dalam menentukan Caleg,terkesan comot sana sini. “Mahasiswa diharapkan tetap netral dan jangan ditunggangi kepentingan politik tertentu”katanya. [Red/SW]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here