oleh

Bengkel APPeK Akan Menggelar Kampanye Peringatan Hari HAM Internasional di Kota Kupang

Kupang, Swarantt.net ~ Kewajiban negara terhadap Hak Asasi Manusia akan terlaksana dan menguat jika daerah dalam hal ini lembaga kemasyarakatan, organisasi atau komunitas turut berperan, sebab secara substansi berbagi isu Hak Asasi Manusia melekat dalam urusan pemerintah daerah lembaga kemasyarakatan, organisasi atau komunitas baik yang bersifat wajib maupun pilihan.

Dalam rangka memperingati Hari HAM Internasional Tahun 2018 Bengkel APPeK akan melakukan kegiatan kampanye hari HAM Internasional di kota Kupang pada tanggal 11 – 13 Januari 2019.

Peringatan hari HAM sedunia sebenarnya jatuh pada tanggal 10 Desember tiap tahunnya, tapi kali penyelenggaraannya di lakukan pada bulan Januari karena ada satu/ halangan. Isu yang diangkat pada tahun ini berbeda dengan peringatan hari HAM tahun sebelumnya, di mana pada saat ini Isu yang diangkat hanya isu- isu HAM Internasional.

Kepada Swarantt.net – Fortun Dodok selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa mereka akan mengangkat Isue HAM akhir-akhir ini, terlebih khusus kasus HAM yang terjadi di Indonesia.

“menolak Diskriminasi terhadap isu yang diangkat pada penyelenggaran hari HAM saat ini dan lebih khusus lagi menolak isu-isu HAM yang terjadi di negara Kita saat ini, contohnya kasus Paduka berdarah yang terjadi di Sumba Barat Daya (SBD)” Ungkapnya (10/01/2019)

Ia Juga menambahkan, bahwa peran Pemerintah sangat penting dalam menyelesaikan Kasus HAM, sehinga pada moment peringatan Hari HAM Internasional Bengkel APPeK Mendorong Pemerintah untuk Menyelesasikan Kasus-kasus HAM.

“Kami mendukung Pemerintahh dalam menuntaskan kasus HAM yang terjadi di Indonesia atau kasus HAM Internasional Umumnya” ungkap Pemuda Asal Cibal itu.

dengan melibatkan kaum muda sebagai subjek kegiatan, Untuk kegiatan tersebut Bengkel APPeK yang bekerjasama dengan Pamflet atas inisiasi Amnesty Internasional dalam mengkampanyekan Write for Rights agar menjadi motor penggerak masyarakat untuk turut serta aktif dalam menuntut pemerintah menegakkan keadilan.

Tujuan dari aktivitas kampanye Write For Rights ini adalah membuka ruang interaksi antar masyarakat luas terhadap isu HAM dan mengumpulkan dukungan untuk mendorong dan menggerakkan pemerintah untuk segera menyelesaikan permasalahan HAM di Indonesia

Dalam pelaksanaan kampanye Write For Rights, Bengkel APPeK akan melakukan Roadshow, penandatangan petisi, pembagian souvenir dan pembacaan puisi di beberapa tempat yang ada di kota Kupang

Rencananya Bengkel APPeK Menggelar Kegiatan di beberapa titik, diantaranya Sekertariat Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Kupang, Sekertariat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Kupang, Sekertariat Himpunan Mahasiswa Pelajar Cibal Kupang (HMPCK), Kampus Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang, Kampus Universitas Widya Mandira (UNWIRA) Kupang, Kampus Universitas Muhammadiyah Kupang, Kampus Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang.

Target massa yang ikut dalam kegiatan tersebut kurang lebih 200 anak muda (usia 16-30 tahun) dari sekolah menengah, universitas, organisasi sipil yang ada di kota kupang dalam menulis atau menandatangani petisi Write For Rights,

Tingkat kepekaan atau responsibilitas terhadap isu HAM harus menjadi kunci utama dan aktual dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Oleh karena itu, momentum hari Hak Asasi Manusia di tahun 2018 ini juga menjadi ajang penting untuk kembali menghadirkan dan mempromosikan Hak Asasi pada kelompok muda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed