BPOM Manggarai Barat Gelar Workshop Penyebaran informasi Obat dan Makanan

0
280

RUTENG, SwaraNTT.net ~ Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Manggarai Barat menggelar workshop “Penyebaran Informasi Obat dan Makanan” di aula Efata Ruteng Kabupaten Manggarai, Senin, (03/12/2018).

Kegiatan yang diikuti sekitar 50 orang peserta tersebut, yang terdiri dari perwakilan Dinas Kesehatan kabupaten Manggarai, Dinas Perdagangan Kabupaten Manggarai, BAPPEDA, Dinas Pertanian, Dinas PMD, Dinas Pendidikan, Dinas Perikanan dan para pelaku usaha.

Kepala BPOM Drs. Martin Sembiring Apt, M.Si saat menyampaikan materi

Kepala Badan POM Kabupaten Manggarai Barat, Drs. Martin Sembiring Apt, M.Si mengungkapkan, tujuan dari workshop ini agar memberikan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat di bidang obat dan makanan terutama tentang bahaya dan resiko konsumsi obat dan makanan yang tidak memenuhi syarat.

Demi melindungi masyarakat dari bahaya obat dan makanan ilegal, Kepala BPOM Drs. Martin Sembiring Apt, M.Si mengatakan bahwa masyarakat harus lebih cerdas dan teliti dalam membeli produk makanan, menggunakan kosmetik serta mengkonsumsi obat-obatan karena kondisi yang semakin banyak jenis dan variasi produk obat dan makanan yang beredar saat ini.

“Kami dari BPOM selain mengawasi produk pangan, kosmetika dan obat juga akan mengawasi toko-toko, kios maupun rumah makan yang menjual makanan yang sudah kadaluwarsa, menggunakan zat kimia berbahaya dan ilegal. Jadi masyarakat juga harus cerdas dan teliti dalam membeli produk makanan dalam kemasan, menggunakan kosmetik dan penggunaan obat karena sekarang sudah bermacam-macam variasinya,”ungkapnya.

Lebih lanjut Ia mengungkapkan, dengan meningkatkan peran serta pemangku kepentingan dalam pelayanan kefarmasian untuk berkomitmen menyediakan obat dan makanan yang memenuhi syarat, Ungkap Martin Sambiring.

Petronela Lanut, S.Si., Apt, perwakilan dari dinas kesehatan kabupaten manggarai mengungkapkan, sudah 70 Sekolah Dasar (SD), 25 Apotek dan 700 kios sudah diawasi oleh dinas kesehatan kabupaten Manggarai.

Petronela Lanut, S.Si., Apt, sedang menjelaskan hasil pengawasan dari dinkes kab. Manggarai

Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Manggarai, Venansius Burhan, mengimbau para pedagang dan distributor untuk tidak menjual dan memasarakan makanan yang kedaluarsa.

Ia menghimbau agar masyarakat juga punya peran besar untuk bisa memastikan bahwa pentingnya kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai konsumen dan sebagai pedagang atau pelaku usaha.

Ditambahkan dia, dinas perindag kabupaten manggarai selalu lakukan pengawasan untuk pencegahan dan antisipasi adanya oknom yang tidak bertanggung jawab, yang menjual produk pangan yang tidak memenuhi standar dan mutu.

Ia mengimbau agar masyarakat menjadi konsumen cerdas dan lebih selektif membeli makanan dan minuman yang sehat untuk dikonsumsi. Sebelum membeli cek dulu masa berlaku makanan tersebut, sehingga dengan begitu maka konsumen tak tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, Ungkap kadis Burhanus. [Nathan]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here