Jalan di Kampung Nderu Ini Longsor Lagi, Pemda Manggarai Dinilai Lamban

0
232

RUTENG, Swarantt.net – Jalan Negara yang menghubungkan Ruteng – Reo tepatnya di Kampung Nderu, Desa Bajak, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai longsor lagi pada Kamis 17 Januari 2019.

Hal ini membuat Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai dinilai lamban dalam memberikan Tanggap Darurat terhadap Warga sekitar dan para Pengguna Jalan.

Petrus, salah seorang Warga Kampung Nderu yang tinggal dekat jalan longsor itu menilai Pemda Manggarai lamban dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai garda terdepan memberikan tanggap darurat terhadap Warga, pasalnya jalan tersebut sudah lama tak kunjung diperbaiki oleh Satker Jalan Negara.

“Kalau Satker Jalan Negara belum memperbaiki jalan ini, yah Pemda harus cepat turun tangan dong. Jangan hanya masa bodoh dan lamban. Begitu terjadi longsor lagi baru buka mata” Kata Petrus kepada Swarantt.net dengan wajah yang terlihat kesal.

Petrus pun mengatakan, Pemda Manggarai sudah seharusnya memberikan tanggap darurat terhadap Warga tatkala terjadi longsor pertama, bukan setelah terjadi longsor susulan.

Menurutnya, penanganan bencana longsor pada saat tanggap darurat dapat dilakukan oleh Pemda Manggarai dengan cara mengkaji secara cepat dan tepat terhadap kerusakan untuk mengidentifikasi cakupan lokasi bencana sekaligus melakukan evakuasi terhadap Warga sekitar yang membutuhkan penyelamatan pertama.

Selain itu, Kata Petrus, tanggap darurat juga bisa dilakukan dengan cara melakukan perlindungan terhadap Warga atau kelompok yang rentan dengan bencana longsor, yakni sediakan sarana dan prasarana, pelayanan kesehatan dan psikososial.

“Sejak terjadi longsor pertama Kami membutuhkan tanggapan itu, tetapi sampai sekarang tak terlihat dengan kasat mata hingga terjadi lagi longsor yang kedua di tempat yang sama” Ungkap Petrus.

“Kami berharap bantuan tanggap darurat segera datang. Jangan sampai terjadi longsor yang ketiga kalinya” Ungkapnya lagi.

Pantauan Swarantt.net, jalan yang longsor itu pelan – pelan telah mengikis badan jalan. Akibatnya Kendaraan jalur Ruteng – Reo terhenti sementara sambil menunggu Warga yang bergegas membuat jalan alternatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here