Jalan Negara Ruteng – Reo Longsor Lagi, Wabup Manggarai Minta Warga Waspada

0
389

Ruteng, Swarantt.net – Tingginya curah hujan yang mengguyur Wilayah Kabupaten Manggarai beberapa hari terakhir ini menyebabkan jalan Negara Ruteng – Reo kembali longsor.

Kali ini longsor terjadi di Kilometer 5, tepatnya di Pekuburan Cina dan Golo Ncireng, Kelurahan Karot, Kecamatan Langke Rembong pada Rabu 18 Februari 2019 sekitar Pukul 15.30 Wita.

Pantauan Wartawan, longsor tersebut menutup badan jalan sehingga membuat arus lalu lintas Ruteng – Reo sempat macet beberapa jam sebelum kembali normal. Material berupa batu dan tanah yang ada disekitar bukit pun ikut longsor sampai ke badan jalan.

Sekitar Pukul 16.00 Wita, Wakil Bupati Manggarai, Drs. Viktor Madur didampingi beberapa OPD turun langsung menuju lokasi longsor.

Di lokasi longsor mantan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Manggarai itu memimpin langsung aksi penanganan darurat yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai terhadap jalan Negara Ruteng – Reo yang longsor itu.

Beberapa material dan puing – puing yang masih berserakan di lokasi longsor itu diangkut oleh Alat Berat milik Pemda Manggarai.

“Tanggap darurat ini bertujuan agar jalur vital ekonomi dan pendistribusian BBM dari Reo ke 3 Kabupaten dapat kembali lancar pasca terjadinya longsor” Ujarnya.

Dia pun meminta agar Warga sekitar dan para Pengguna Jalan Ruteng – Reo tetap waspada apalagi ketika hujan turun di malam hari.

Sampai Pukul 18.00 Wita, Wakil Bupati Manggarai beserta jajaran OPD terus memantau aksi penanganan darurat itu meskipun hujan terus mengguyur.

Arus lalu lintas Ruteng – Reo baru kembali terlihat normal pada Pukul 18.30 Wita saat aksi penanganan darurat selesai.

Untuk diketahui bahwa jalan Negara Ruteng – Reo ini sering terjadi longsor dan putus akibat hujan.

Beberapa Minggu sebelumnya longsor pernah melanda jalan Negara Ruteng – Reo, tepatnya di Kampung Nunang, Desa Salama, Kecamatan Reok. Namun setelah diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai jalan itu pun kembali normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here