oleh

Jelang Hari Pemungutan, Panwascam Reok Perkuat Lagi Kapasitas Pengawas TPS

Ruteng, Swarantt.net – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Reok, Kabupaten Manggarai, NTT secara resmi memperkuat lagi kapasitas Pengawas TPS (PTPS) menjelang hari pemungutan suara 17 April 2019 mendatang.

Penguatan kapasitas Pengawas TPS ini diberikan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar di Gedung Islamic Centre, Kamis 11 April 2019 Pukul 14.15 Wita.

Bimbingan Teknis yang diberikan langsung oleh PPK dan Panwascam ini dihadiri oleh 60 orang Pengawas TPS yang menyebar pada 6 Desa 4 Kelurahan di Wilayah Kecamatan Reok.

Hadir pada kesempatan itu Anggota PPK Reok, Marselinus Frengki Di’i, perwakilan Kapolsek Reo, Yugos Gorang dan SidiQ.

Turut hadir PPL Desa/Kelurahan dan para Staf Panwascam Reok.

Bimbingan Teknis itu diawali dengan Ceremonial Pembuka, yakni menyanyikan lagu Indonesia raya, menyanyikan lagu Mars Bawaslu, Doa, Sambutan Ketua Panwascam Reok dan diakhiri dengan makan siang bersama.

Peserta Bimtek Panwascam Reok Dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Menjelang Pemungutan Suara

Setelah makan siang 60 orang Pengawas TPS langsung mengikuti Bimbingan Teknis yang dibawakan oleh Anggota PPK Reok, Marselinus Frengki Di’i.

Dalam materinya Marselinus menjelaskan beberapa hal, yakni:

1. Tugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

2. Surat Suara Sah dan Tidak Sah

3. Pendamping Distabilitas

4. Pendistribusian C6

5. C1 sampai C7

Selain itu, Anggota Panwascam Reok yang membidangi Divisi HPP, Emanuel Edy Welsis Hamad juga memberikan materi kepada 60 orang Pengawas TPS.

Dalam materinya Hamad menjelaskan beberapa hal, yakni:

1. Surat Suara Sah dan Tidak Sah

2. Masa Tenang

3. Pendistribusian C6

4. Tugas Pengawas TPS

5. Waktu Pelaksanaan Pemungutan Suara

6. Perhitungan Suara

7. C1 Plano

8. Mobilisasi di TPS

9. Pemilih Penyusup

10. Pemilih DPK

Setelah menerima materi dari Anggota PPK dan Panwascam, 60 orang Pengawas TPS langsung diarahkan untuk melakukan simulasi Pemungutan Suara.

Sebelum memulai simulasi, Ketua Panwascam Reok yang membidangi Divisi SDM, Mulyadi Abdul Kadir kepada Swarantt.net mengatakan bahwa simulasi ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas Pengawas TPS pada hari pemungutan suara nantinya.

“Simulasi ini akan mempermudah proses kerja Pengawas TPS agar Mereka bisa memahami lebih dalam terkait cara kerja KPPS” Jelas Mulyadi.

Hal senada dijelaskan Anggota Panwascam Reok yang membidangi Divisi PHL, Albertus Frederiko Davids.

Davids menjelaskan bahwa kerja Pengawas TPS pada hari pemungutan suara merupakan hal yang paling urgen, sebab Pengawas TPS akan menjadi ujung tombak keberhasilan Pemungutan Suara di TPS.

Selain mengawasi Pemungutan Suara, Jelasnya lagi, Pengawas TPS juga mengawasi kerja – kerja KPPS dan mengawasi berlangsungnya perhitungan suara sampai pendistribusian Kotak Suara dari TPS ke PPS.

Oleh karena itu, Sambungnya, Bimbingan Teknis dan simulasi Pemungutan Suara sangat penting untuk meningkatkan kapasitas Pengawas TPS.[Admin]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *