oleh

Kades Lemarang Genjot Infrastruktur, Demi Tingkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat

MANGGARAI, SwaraNTT.NET – Pemerintah Desa Lemarang, Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai telah memprogramkan kegiatan pembangunan, baik itu fisik maupun non fisik pada tahun anggaran 2018 lalu.

Semangat pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat, itulah yang selalu digaungkan Kepala Desa (kades) Lemarang, Donatus Su. Melalui Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), Kades Donatus Su,  terus menggenjot pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan ekonomi masyarakat serta memberikan fasilitas terbaik untuk warganya.

Pembangunan Balai Posyandu di Dusun Toda, Rt 05/ RW 02 Desa Lemarang.

Hal ini ditunjukannya dari berbagai capaian pembangunan yang telah direalisasikannya melalui DD dan ADD tahun 2018. Inovasi serta terobosan dalam rangka mempercepat pembangunan infrastruktur demi memacu pertumbuhan ekonomi masayarakat di Desa yang dipimpinnya menjadi fokus utamanya.

Lanjut Kades Lemarang, untuk menyukseskan program pembangunan desa ke depan, diperlukan peran perangkat desa yang bisa bersinergi dengan lembaga desa dan masyarakat. “Saya berharap semuanya untuk terus fokus menyukseskan program pembangunan desa di semua bidang, baik yang skala prioritas maupun dibidang lainnya seperti pemberdayaan masyarakat”, tegasnya.

Pembangunan Saluran Drainase di Dusun Lewar, Rt 06/ Rw 03 Desa Lemarang

Hanya saja, kata dia, dalam pembangunan fisik dihadapi berbagai kendala, diantaranya suplai material sangat susah dikarenakan jalan di wilayah Pantura dari kecamatan Reo menuju desa lemarang terkendala tidak ada jembatan penyebrangan.

“semua material pekerjaan proyek seperti pasir dan semen diangkut pake motor dengan jarak mencapai ± 2 KM menuju kantor desa Lemarang” Ungkap Kades Donatus Su.

Pembangunan Jalan Rabat Beton di Dusun Lemarang, Rt 02/ Rw 01 Desa Lemarang.

Dikatakannya, pembangunan fisik yang sudah direalisasikan diantaranya, pembangunan Balai Posyandu, Pembukaan jalan baru, pembuatan saluran Drainase, Rabat Jalan dan Tembok Penahan Tanah (TPT). “Hasil pembangunan ini sudah bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Kita harapkan ke depan seluruh masyarakat bisa menjaga dan merewatnya. Karena setiap hasil pembangunan merupakan aset desa yang berharga”, jelasnya.

Dalam setiap pembangunan, Kades Donatus Su, selalu melibatkan masyarakat. Hal ini, guna memberikan masyarakat andil dalam pembangunan. “Dengan begitu, masyarakat akan merasa memiliki. Tentunya akan selalu menjaga dan merawat hasil pembangunan yang sudah direalisasikan”, ucapnya.

Pembuatan Tembok Penahan Tanah (TPT) di Dusun Lemarang RT 04/ Rw 01 Desa Lemarang.

Selain itu, kata dia, semua perangkat desa dan BPD dalam pembangunan, selalu bersama-sama berfikir kemajuan desa. ” meski masih ada kekurangan, namun komunikasi yang sudah terjalin dengan baik tentu akan dipertahankan, guna menjadikan desa kami lebih maju dan berkembang ke depan”, tuturnya.

Menurut warga Desa Lemarang, Robertus Sami, Yuliana Mertin dan Aleksander Jemadin kepada media ini mengatakan sangat berterima kasih kepada Pemerintah Desa yang telah merealisasikan dana desa itu. Sebab masyarakat dapat merasakan langsung manfaatnya. Terlebih sarana pembangunan infrastruktur balai Posyandu di dusun Toda dan ketersediaan air bersih, Ungkap Warga Lemarang.

 

Penulis: Gusty N.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

  1. Saya selaku warga masyrakat sangat berterima kasih kepada pemerintah yg telah memajukan desa kami.yang walaupun saya berada di papua akan tetapi sangat bangga dengan ase kae lemarang,wan koen etan tua atas partisipasi kerjasamanya dlm membangun desa Lemarang.puji Tuhan utk kedepanx desa Lemarang akan lebih maju.

News Feed