Keluarga Besar Manggarai di Denpasar Gelar Tarian Caci

0
395

DENPASAR, SwaraNTT.net~ Keluarga besar Manggarai di Denpasar lakukan pementasan Tarian Caci di Nusa Dua Denpasar pada Minggu, 19/08/18.

Meskipun berada ditanah rantauan, Ikatan Keluarga Manggarai Nusa Dua (IKAMANU) yang tinggal di Denpasar-Bali tidak pernah melupakan budaya dari mana mereka asal.

Mereka terus menghidupkan tali persaudaraan melalui berbagai kegiatan salah satunya melalui pementasan Tarian Caci.

Acara yang dimulai sejak pukul 09.00-18.00 Wita, walaupun acaranya hanya Full Day antusias masyarakat manggarai sangat menghangatkan suasana kebersamaan sebagai keluarga besar Manggarai di Denpasar.

Kegiatan yang bertema “MELALUI BUDAYA KITA MENJADI TANGGUH, MANDIRI DAN MAMPU MEMBANGUN KOMUNITAS MANGGARAI YANG HIDUP”.

Menurut ketua Penaggung jawab kegiatan Beny Hamu “Tema ini menjadi Refleksi kita untuk back home kepada nilai-nilai luhur budaya seperti pada Tarian Caci yang mengedepankan kebersamaan, kerja sama dan sportifitas yang tinggi serta masih banyak nilai-nilai lain yang terkandung dalam tarian Caci”.

Lebih lanjut kata Beny Hamu, Orang Manggarai yang hidup di Bali akan bersentuhan langsung dengan budaya asing yang terbangun melalui hubungan kerja lingkungan hidup serta pengaruh perubahan dan kehebatan sains dan teknologi yang membuat dunia ini bagaikan Global Village.

Kenyataan ini membawa dampak dalam segala lini kehidupan ekonomi, polotik, budaya dan sosian dimana yang menghadirkan decak kagum karena kemudahan dan kehebatan system yang terbangun, disisi lain menghadirkan kekwatiran yang tak berkesudahan karena begitu banyak pemilik budaya heterosis dan terhempas dalam laut kepunahan.

Harapan yang terbesar dalam pementasan Caci ini adalah terbangunnya kebersamaan, tangguh melawan perubahan dan pengaruh negatif, Mandiri dalam keputusan dan mampu membangun diri dalam segala aspek kehidupan yang pada gilirannya terlibat memberikan hal yang terbaik untuk komunitas Manggarai yang kita cintai ini, Ungkap Beny.

Pementasan Tarian Caci adalah Jawaban warga Manggarai Bali yang sedang atau sudah kehilangan jati diri/ identitasnya untuk kembali Wecome home dalam merajut kebersamaan melestarikan nilai-nilai budaya melaui pola pikir dan dalam semua aspek kehidupan. [Richart S/SN]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here