oleh

Kepala Desa Watu Baur Kecamatan Reo Sukses Kelola Dana Desa

-WARTA DESA-3.404 views

MANGGARAI, SwaraNTT.NET – Pemerintah Desa Watu Baur di kecamatan Reok Kabupaten Manggarai, NTT menggelontorkan sebagian dana desa (DD) untuk membuka jalan baru dan jalan usaha tani guna memperlancar akses transportasi untuk warga di wilayah itu.

Tak hanya itu Kepala Desa (kades) Watu Baur, Sabinus Lambung, S.Sos juga terus berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pembangunan sarana dan prasarana falilitas umum dari realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) pada tahun 2019.

Masyarakat desa Watu Baur saat pembukaan jalan baru dengan cara manual

Kades Watu Baur, Sabinus Lambung mengatakan untuk dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) yang tertuang di APBDes 2019 sebanyak Rp 1.297.288.899 untuk pembangunan fasilitas umum dan pemberdayaan di desa.

“Anggaran dana desa yang kita terima yang bersumber dari DD dan ADD tahun 2019 untuk fasilitas penunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan pembangunan Kantor Desa, pembukaan jalan tani, membuka jalan baru antara dusun, bantuan rumah layak huni dan masih ada kegiatan fisik lainnya,” jelas Kades Watu Baur, Sabinus Lambung dikantornya Senin, (05/08/2019) kemarin.

Lebih jauh dijelaskan Sabinus, seperti pembukaan akses jalan usaha pertanian desa setelah melalui musyawarah desa disepakati adanya pembangunan atau pembukaan badan jalan sepanjang 1.300 meter dari RT 02 menuju kantor Desa Watu Baur, bantuan rumah tidak layak huni sejumlah 6 (enam) unit, pembukaan jalan baru ke pemukiman warga dusun Gongger di Rt 03 sepanjang 700 meter dan pembangunan lanjutan kantor desa.

Baca Juga :   Dua Tahun Memimpin, Kades Vitalis Telah Bangun Puluhan Rumah Tidak Layak Huni

Kepada media ini, kades Watu Baur menjelaskan pembangunan infrastruktur desa yang bersumber dari Dana Desa, harus dilaksanakan secara swakelola ataupun padat karya. Karena pekerjaan swakelola akan memberikan nilai tambah penghasilan harian bagi masyarakat desa karena dilibatkan untuk bekerja.

“Selain itu masyarakat yang terlibat juga akan merasa memiliki dan ikut menjaga hasil pembangunan di masa yang akan datang,” tambahnya.

Kades Sabinus mengharapkan program yang digulirkan oleh pemerintah desa kiranya dapat membantu masyarakat dan mendapat dukungan warga.

Masyarakat desa Watu Baur sangat mengapresiasi kepada kades Sabinus Lambung dikarenakan sampai saat ini di desa mereka kemajuannya sangat terlihat dan dirasakan oleh seluruh warga masyarakat.

“kami sangat apresiasi dengan pak kades watu baur karena hampir 5 tahun masa kerjanya kemajuan di desa Watu Baur sangat terasa mulai dengan adanya Organisasi Pengelolaan Air Minum (OPAM), bantuan rumah layak huni sampai pembukaan jalan baru menuju kebun dan pembukaan jalan baru lintas Dusun,” Cetus Warga kepada Media ini.  [Gusty]

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

  1. Ini baru yg namanya kepala desa. Semuanya bersifat transparan dgn warga desanya. Sya sangat setuju. Semoga kepala desa Watu Baur menjdi isnpirasi utk kepala desa lainnya. Dan semoga dr kemdes memperhatikan hal ini supaya menjdi contoh utk desa yg lainnya. Semoga desa2 di Reok Barat mengitu cara krja dr Desa Watu Baur.

News Feed