KOTA YOGYAKARTA DARURAT PENDIDIK

0
267

Oleh: Antonius Fokki Ardiyanto S.IP
Pimpinan Komisi D DPRD Kota Yogyakarta

 

YOGYAKARTA, SwaraNTT.net ~ Kota Yogyakarta yang selama ini terkenal dengan julukan kota pendidikan ternyata menyimpan persoalan yang kalau tidak diatasi dengan cepat dapat mendegradasikan Kota Yogyakarta yang terkenal sebagai kota pendidikan.

Permasalahan yang dimaksud adalah adanya data dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta tentang jumlah kekurangan guru di Kota Yogyakarta sebagai berikut :
1. Kekurangan Guru SD smp thn 2018 sejumlah 236 guru.
2. Kekurangan Guru SMP smp thn 2018 sejumlah 108
3. Kekurangan guru karena rencana penambahan rombel kelas baru di SMP Negeri sejumlah 17 guru.
Total kekurangan guru sejumlah 361.

Menurut kami bila ini tidak segera diselesaikan maka ini akan mengganggu proses belajar mengajar di tingkatan pendidikan dasar (SD & SMP).

Solusi yg kami tawarkan adalah sesuai dengan kewenangan maka persoalan kekurangan guru ini masih menjadi urusan daerah artinya Walikota mempunyai peran yang sangat signifikan untuk menyelesaikan.

Usul kongrit kami Walikota dapat mengangkat guru sesuai dengan UU ASN yaitu Pegawai Pemerintah Dengan Sistem Perjanjian Kerja dan dibiayai APBD Kota Yogyakarta.

Kekuatan anggaran sangat mampu karena SILPAnya saja 254 M artinya sekarang tergantung komitmen walikota dan menurut Dinas Pendidikan kajian itu sudah sampai ke mejanya walikota tinggal menunggu persetujuan Walikota.

Untuk itu kami mendesak Walikota dapat segera menyelesaikan sebelum pembahasan RKA APBD 2019.

Kalau itu tidak segera diselesaikan kami menilai walikota tidak punya komitmen untuk menjaga marwah Kota Yogyakarta sebagai Kota Pendidikan.

Demikian Press Release ini kami sampaikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here