oleh

KSP Ricco Mandiri membantu Warga Manggarai Kembangkan Usaha

Ruteng, Swarantt.Net – Program Tabungan dan Kredit dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Ricco Mandiri berdampak positif bagi warga Manggarai.

Pinjaman modal yang diberikan dapat mengembangkan usaha. Seperti halnya yang dirasakan oleh Margareta Seting salah satu warga Leda Kelurahan Golo Dukal Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai – NTT.

Margareta bergabung di KSP Ricco Mandiri sejak sepuluh bulan lalu, tepatnya di Juni 2018. Setelah bergabung, Margareta mendapatkan pinjaman yang dimanfaatkan untuk mengembangkan usahanya.

“Awalnya Uang pinjaman yang didapat dari KSP Ricco Mandiri sebanyak Rp. 2.000.000 saya gunakan untuk membeli Babi dan pakan, setelah tiga bulan saya menjual babi dengan harga Rp. 3.500.000. Tentu saya merasakan kegunaannya setelah masuk sebagai anggota KSP Ricco Mandiri ini” ungkapnya

Margareta mengaku, Untuk mendapatkan pinjaman KSP Ricco Mandiri sangat mudah. Persyaratannya tidak rumit dan pencairannya cepat.

“Untuk angsuran, pembayarannya juga ringan karena dibayar sekalu seminggu selama satu tahun atau 12 bulan,” terangnya.

Kini, dengan semakin berkembangnya usaha yang dimiliki, setelah mendapatkan bantuan pinjaman modal dari KSP Ricco Mandiri, Dia bisa membantu suami untuk menambahkan penghasilan keluarga.

Margareta menyebut, KSP Ricco Mandiri sangat membantunya dan bisa membantu masyarakat untuk merintis usaha maupun mengembangkan usaha agar bisa lebih besar lagi.

Ke depan, Margareta berharap KSP Ricco Mandiri bisa semakin banyak membantu masyarakat, khususnya mereka yang ingin meningkatkan perekonomian melalui usaha.

Baca Juga :   Pertamina Reo Diminta Turut Aktif Bangun Manggarai Melalui Dana CSR

“Semoga KSP Ricco mandiri bisa terus berjalan dengan baik dan lancar, sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat luas terutama warga tidak mampu” pungkasnya.

Ketua KSP Ricco Mandiri Safriadi Darman Jehaman mengungkapkan adanya peningkatan anggota dan aset KSP Ricco mandiri pada beberapa tahun terakhir, hal itu kata Dia karena persyaratan menjadi anggota dan peminjaman lebih mudah.

Ricco Mandiri merupakan perusahaan sendiri milik masyarakat, sehingga laporannya baik pemasukan maupun pengeluaran dilakukan secara transparan kepada seluruh anggota.

“Anggotanya meningkat, laporan akhir tahun 2017 sebanyak 264 Anggota dan pada akhir tahun 2018 bertambah menjadi 1770 Anggota aktif” Pungkasnya disela-sela Rapat Anggota Tahunan (RAT) III KSP Ricco Mandiri di Aula Efata Ruteng (27/04)

Safrin sapaan akrabnya menambahkan, KSP Ricco Mandiri bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, sehingga sasaran nasabahnya untuk seluruh masyarakat umun mulai dari masyarakat kecil sampai masyarakat kelas menegah.

Sistem peminjaman dibagi dalam beberapa jenis, diantaranya peminjaman untuk modal usaha, pinjaman untuk pendidikan, pinjaman untuk menambah saham dan pinjaman musiman.

Lebih lanjut Dia menambahkan, kedepannya untuk pinjaman modal usaha tidak hanya diberikan berupa uang melainkan material sesuai dengan kebutuhan anggota.

“Pada prinsipnya KSP Ricco Mandiri bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, strategi KSP Ricco Mandiri kedepannya kita memberikan barang atau ternak yang menjadi kebutuhan usaha mereka, bukan hanya berupa uang” Tutupnya (Admin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed