oleh

Mahasiswa PGSD Unflor Lakukan Aksi Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Nagekeo

-DAERAH-401 views

ENDE, SwaraNTT.NET –  Mahasiswa PGSD Universitas Flores (unflor) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di  Lingkungan Poganage, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo selama 4 (empat) hari mulai 30 Mei hingga 2 Juni 2019.

Kegiatan ini merupakan implementasi dari mata kuliah Usaha Kesehatan Sekolah dan Kewirausahaan, dimana mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan dalam berwirausaha dengan belajar langsung di produsen anyaman Bere dan pengusaha kerupuk.

Tidak hanya belajar berwirausaha saja mahasiswa Unflor juga lakukan kunjungan dan sosialisasi usaha kesehatan sekolah ke SDK Nageoga  dan SDI TIBAKISA di kecamatan Boawae, Ngada.

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa PGSD Unflor bekerjasama dengan OMK dan masyarakat Pagonage sehingga kegiatannya dapat berjalan dengan lancar.

Beberapa peserta kegiatan yang terlibat, Eligius Singgu dan Maria immakulata Woga serta Adolfus Guido Raja dan Yulius Meo Lobhu, berpendapat bahwa guru adalah sumber pengetahuan yang di harapkan oleh siswa dan siswi, sebagai penerus bangsa seorang guru dituntun untuk lebih kreatif, inovatif dalam proses pembelajaran dan sosial budaya.

Pasalnya dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat bisa menjadi dasar untuk siap menghadapai persoalan dalam pengembangan dalam perkembangan zaman, Jelas peserta kegiatan.

Yulius Meo Lobhu, selaku koordinator dalam kegiatan mata kuliah Usaha Kesehatan Sekolah dan Kewirausahaa mengatakan kegiatan tersebut sangat penting bagi mahasiswa dan mahasiswi karena dapat mengembangkan keterampilan dalam berwirausaha dengan belajar langsung terjun ke dunia masyarakat

Kegiatan tersebut didampingi dosen Aschari Senjahari Rawe SE,.M.Pd dan Siprianus See S.pd, M.Pd serta Bertyn Sadipun S.pd,M.Pd.

Ketua lingkungan Pagonage, Marselus Meze, mengatakan kegiatan ini sangat bermakna bagi lingkungan Pagonage karena mahasiswa datang langsung belajar keterampilan yang ada di lingkungan.

Ketua OMK pagonage, sangat mengapresiasi kepada mahasiswa PGSD Unflor yang sudah datang mengunjungi lingkungan pagonage dan mempunyai makna yang sangat besar bagi kaum muda dan umat dilingkungan pagonage.

Selain itu, juga dilaksanakan acara kesenian sejumlah mata acara ditampilkan seperti Tarian Hegong dari Maumere dan Tarian Rokatenda dari Ende -Lio, Jai dan Dero dari Ngada dan Nagekeo juga tarian dari etnis Manggarai dan dance yang dibawakan oleh siswa yang ada di lingkungan Pagonage serta vokal solo dar OMK Pagonage.

 

Penulis: Galis Antong

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *