oleh

Panwaslu Cibal Barat Gelar Pelatihan dan Bimtek II PTPS Pemilu 2019

Ruteng, swarantt.net – Jelang hari pemungutan suara, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cibal Barat menggelar Pelatihan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) II Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) pada Pemilu 2019 se-Kecamatan Cibal Barat di sekretariat Panwaslu Cibal Barat Kabupaten Manggarai – NTT (11/04)
Dihadapan 51 PTPS, Ketua Panwaslu Kecamatan Cibal Barat Marselinus Teho, S.Fil mengatakan PTPS merupakan garda terdepan untuk lakukan pengawasan sehingga diminta untuk bekerja dengan baik sesuai tugas dan fungsinya.
PTPS juga diminta untuk mempelajari buku saku pengawas, agar tiap tindakan dilakukan sesuai dengan aturan dan menekankan PTPS harus memahami petunjuk teknis dalam pemilu.
“Teman-teman PTPS adalah garda terdepan untuk lakukan pengawasan, harus memahami petunjuk teknis sesuai dengan aturan dan pelajari buku saku pengawas supaya bisa bekerja dengan baik sesuai tugas dan fungsi PTPS” Pungkasnya.
Dalam bimtek tersebut dijelaskan tugas dan kinerja PTPS, mulai dari penetapan pemungutan suara, pelaksanaan pencoblosan, pelaksanaan perhitungan suara, pelaksanaan dan pergerakan pemungutan suara di TPS ke PPS.
Marselinus menjelaskan di TPS rawan terjadi pelanggaran-pelanggaran atau pun manipulasi suara. Oleh karena itu pihaknya mengantisipasi di setiap TPS diawasi satu orang pengawas dan dilibatkan institusi pengamanan lainnya untuk menjaga terjadinya kerawanan tersebut.
Lebih lanjut Dia menerangkan, Kerawanan tersebut dapat terjadi, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat lebih mudah terjadi money politik. PTPS juga wajib mengeluarkan keputusan jika ada hal terjadi diluar regulasi saat pelaksanaan nanti.
“Pengawasan harus dilakukan pada semua tahapan pemilu, kita harus antisipasi adanya manipulasi suara, PTPS juga harus bisa mengambil keputusan ketika menemukan kejanggalan pada saat pelaksanaan” Tuturnya.
Marselinus Teho, Ketua Panwaslu Cibal Barat saat memaparkan materi dihadapan PTPS (11/04)
Korodinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Sirilus Baru menerangkan, Bimtek kali ini untuk melakukan penguatan kapasitas PTPS menjelang masa tenang, PTPS diminta untuk lakukan pengawasan yang esktra saat masa tenang.
PTPS harus memastikan tidak adanya aktivitas politik dari calon tertentu pada masa tenang, terlebih khusus antisipasi adanya money politik di semua TPS dan harus berkoordinasi dengan Panwaslucam.
Sirilus berharap, dengan adanya Bimtek II ini bisa meningkatkan kapasitas PTPS dan bisa memastikan pemilu 2019 di Kecamatan Cibal Barat berjalan dengan aman dan damai.
“Kami berharap Bimtek II ini, bisa menguatkan kapasitas PTPS sebelum masuk masa tenang, terlebih khusus mengantisipasi adanya money politik di TPS masing-masing, harus bisa dipastikan pemilu di Kecamatan Cibal Barat berjalan dengan aman” Tutupnyaa.
Kegiatan ini dihadiri oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten Manggarai sekaligus Ketua Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Heribertus Harun, Pengawas Pemilu Desa (PPD), PTPS se-Kecamatan Cibal Barat dan undangan lainnya. (Admin/PK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *