oleh

Panwaslu Cibal Barat Kampanyekan Tolak Politik Uang dan Politisasi Sara

Pengawas pemilu bersama masyarakat
saat membacakan naskah Deklarasi
Kampung Tolak Politik Uang dan
Politisasi Sara  (11/04)
Ruteng, swarantt.net – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cibal Barat menggelar Deklarasi Kampung Tolak Politik Uang dan Politisasi Sara pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019.
Deklarasi tersebut dihadiri langsung oleh Komisioner sekaligus Ketua Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Manggarai Heribertus Harun, dilangsungkan di Kampung Munta Desa Bangka Ara Kecamatan Cibal Barat Kabupaten Manggarai – NTT (11/04)
Dalam kegiatan tersebut, naskah deklarasi dibacakan serentak oleh Perwakilan Bawaslu Kabupaten Manggarai, Komisioner Panwaslu Kecamatan Cibal Barat, Pengawas Pemilu Desa (PPD), Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dan masyarakat setempat.
Heribertus Harun kepada swarantt.net, mengatakan kegitan tersebut merupakan bagian dari langkah pencegahan yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten manggarai untuk mengantisipasi adanya praktik politik uang pada pemilu 2019
Prosedur dalam penyelenggaran pemilu menjadi sistem yang mendukung penguatan dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan kedaulatan rakyat. Bawaslu berharap deklarasi ini jadi komitmen bersama untuk menjaga keamanan dan ketertiban pemilihan.
“Dekalrasi ini bagian dari langkah pencegahan yang kami lakukan, dan berharap dengan adanya kegiatan ini akan menjadi komitmen bersama untuk menyukseskan pesta demokrasi tanpa adanya praktik politik uang dan politisasi sara karena merupakan ancaman besar bagi demokrasi dan kedaulatan rakyat ” Imbuhnya setelah pembacaan teks deklarasi (11/04)
Upaya untuk menjadikan pemilu sepenuhnya milik rakyat mendapatkan banyak tantangan. Diantaranya adalah maraknya politik uang, ujaran kebencian, dan kasus-kasus penghinaan, penghasutan, dan politisasi sara yang dilakukan oleh aktor-aktor politik untuk kepentingan kemenangan.
Padahal undang-undang telah secara tegas melarang politik uang dan kampanye pemilu yang bermuatan menghina, menghasut, dan mengadu domba untuk kepentingan memengaruhi pemilih.
Sehingga untuk mengantisipasi hal tersebut, Bawaslu Kabupaten manggarai terus melakukan upaya pencegahan, salah satunya dengan deklarasi yang dilakukan pada setiap kampung yang bisa dijangkau dan dianggap rawan terjadinya praktik politik uang dan politisasi sara.
Pada kesempatan yang sama, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kecamatan Cibal Barat Sirilus Baru berharap setelah dilakukannya deklarasi ini, mampu meminimalisir terjadinya praktik politik uang dan politisasi sara pada pemilu 2019 di Kecamatan Cibal Barat.
Panwaslu Cibal Barat juga berharap kepada PPD, PTPS dan masyarakat untuk berperan aktif lakukan pengawasan terhadap praktik politik uang dan politisasi sara guna untuk tercapainya pemilu yang berintegritas.
“Kami berharap dengan kegiatan deklarasi seperti ini mampu meminimalisir praktik politik uang dan politisasi sara di Kecamatan Cibal Barat pada pemilu yang akan datang, peran aktif masyarakat juga sangat kami harapkan, supaya pemilu tahun ini bisa berjalan dengan baik sesuai regulasi yang ada” Tukasnya (Admin/PK)
Baca Juga :   Bawaslu Manggarai Gelar Simulasi Hari Pemungutan Suara di TPS

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed