oleh

Pemerintah Desa Wetana Sumba Barat Rayakan Hari Ulang Tahun Desa Ke-25

SUMBA BARAT, SwaraNTT.NET – Memperingati hari ulang tahun yang ke-25 Pemerintah Desa Wetana, Kecamatan Laboya Barat Kabupaten Sumba Barat, merupakan momentum bersejarah sejak lahirnya Desa Wetana dari Desa Gaura sejak tahun 1994 yang berlangsung di Halaman Kantor Desa Wetana (Sabtu, 22/06/2019).

Kegiatan HUTDes Wetana ini akan berlangsung selama satu Minggu sejak dimulai tanggal 22 – 27 Juni 2019.

Dalam acara pembukaan HUTDes tersebut dihadiri kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat Jefri Ndapamerang, SE, MM., mewakili Bupati Sumba Barat, Camat Laboya Barat Daud Eda Bora, SH, para Kepala Desa se-kecamatan Laboya Barat dan para tokoh masyarakat desa Wetana.

Kepala Desa (kades) Wetana, Petrus Raga Uma, dalam sambutannya, perayaan Ulang Tahun Desa ini bertujuan mempersatukan dan memperat tali persaudaraan serta memacu semangat gotong royong masyarakat Desa Wetana.

Kades Wetana mengatakan, “kegiatan HUTDes ini merupakan momentum bersejarah sejak Tahun 1994 lahirnya Desa Wetana dari Desa Gaura yang ke-25 tahun tujuan kegiatan ini dilakukan berdasarkan usulan masyarakat, untuk mempererat tali persaudaraan serta memacu kembali semangat gotong royong masyarakat Desa Wetana yang hampir punah”. Imbuh Petrus.

Petrus juga menyampaikan program yang telah dijalankan selama tahun Anggaran 2018 yang bersumber dari Dana Desa yaitu jembatan Moda dan pembentukan Budes Mada Ole sudah terealisasi.

Diakhir sambutannya, Kepala Desa Wetana juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat Jefri Ndapamerang, SE, MM., atas dukungan dan bantuannya menjual produk beras Gogo asli dari Desa Wetana hingga tingkat nasional.

Disampaikan juga kegiatan yang akan dilaksanakan selama kegiatan HUTDes berlangsung, yaitu Sepak Bola, Voli Putra/i, Catur, Taji Ayam, Poker berhadiah, Seni Tari, Seni Suara Bahasa Daerah, Tarik Tambang, Masakan Khas Garo, dan Lari karung.

Dalam sambutan, Camat Laboya Barat Daud Eda Bora, SH.,  sangat mengapresiasi kegiatan HUTDes yang dilakukan oleh Desa Wetana. Menurutnya kegiatan HUTDes merupakan bukti nyata untuk mewujudkan kerja keras pemerintah Desa dalam membangun wilayah desa, kegiatan HUTDes bagian dari menyatukan tali persaudaraan serta mempertahankan hidup gotong royong antara masyarakat Desa Wetana.

Sambutan Kadis PMD, wakili Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumba Barat Jefri Ndapamerang, SE, MM., mengapresiasi kepala Desa dan masyarakat Wetana atas sambutan dan kekompakan masyarakat yang luar biasa saat Kadis PMD bersama rombongan tiba di Kantor Desa Wetana.

“saya sangat mengapresiasi kepala Desa dan masyarakat atas sambutannya yang luar biasa, bukan hanya sambutannya yang luar biasa tapi kekompakan masyarakat Desa Wetana yang sangat luar biasa, dan ini harus dipertahankan untuk membangun Desa Wetana serta menjadi modal utama untuk mengangkat nama Desa Wetana yang paling udik dibalik menjadi Desa yang paling pertama tingkat Nasional”. Ucap Jefri.

Kadis PMD juga menyampaikan selamat ulang tahun yang ke-25 Desa Wetana, menurut  Jefri “bahwa usia 25 tahun merupakan usia yang paling matang untuk menyiapkan diri mulai bergerak dan Desa Wetana sudah tampilkan itu salah satunya BUMDes Mada Ole yang mengelola beras Gogo bebas bahan kimia, karena beras Gogo ini sudah terkenal di mana-mana”,Tandas Jefri.

Kadis PMD bersama Kepala Desa Wetana berkomitmen, untuk APBDes tahun 2019 akan memfasilitasi masyarakat Desa Wetana dengan memberi Herbisida gratis (obat rumput gratis), membantu masyarakat agar masyarakat desa Wetana punya semangat yang tinggi untuk menanam padi Gogo.

Terkait rencana Kepala Desa Wetana tentang pengadaan mobil Ambulance, Kadis PMD Kabupaten Sumba Barat Jefri Ndapamerang, SE,MM., mendukung jika regulasi tentang penggunaan dana desa bisa digunakan.

 

Penulis: Melky P. Hady

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed