Pesta Adat Festival Pasola Lamboya Siap Digelar 2 Februari Mendatang

0
159

Sumba Barat, Swarantt.net Rapat persiapan Pesta Adat Festival Pasola Lamboya telah dilaksanakan di Aula Kantor Camat Lamboya, Kabupaten Sumba Barat beberapa waktu lalu.

Rapat yang dibuka sendiri oleh Camat Lamboya itu melahirkan kesepakatan bahwa Pesta Adat Festival Pasola Lamboya siap digelar 2 Februari 2019 mendatang.

Kegiatan tersebut akan diikuti oleh para Peserta atau Pemain Pasola dari 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Lamboya, Kecamatan Lamboya Barat dan Kecamatan Wanokaka.

Camat Lamboya, Timotius T. Ragga dalam sambutan Rapatnya menyampaikan bahwa kegiatan Pesta Adat Festival Pasola Lamboya tahun ini bisa menjadi momentum untuk terus berbenah dalam segala aspek, sebab Pasola merupakan warisan leluhur yang wajib dijaga dan dilestarikan.

“Pertama Saya ucapkan terima kasih kepada para Rato yang telah sukses menetapkan jadwal untuk digelarnya Pesta Adat Pasola ini. Minggu depan Kami akan keluarkan lagi surat undangan untuk Rapat pemantapannya” Ungkap Timotius dalam sambutannya.

Hajatan rutin ini, Sambung Timotius, merupakan tanggung jawab bersama semua pihak agar kegiatan Pasola dapat berjalan sesuai rencana.

“Saya menghimbau kepada para Peserta Rapat yang hadir agar semuanya bekerja sama dalam perannya masing-masing demi kelancaran kegiatan sampai pada pelaksanaannya nanti” Tuturnya.

“Pasola adalah warisan leluhur yang tidak dimiliki oleh Daerah lain sehingga Kita diwajibkan untuk menjaga dan melestarikan adat dan budaya Kita ini” Tuturnya lagi mengakhiri sambutan.

Untuk diketahui dalam Rapat tersebut para Rato juga mengumumkan bahwa pelaksanaan Pesta Adat Festival Pasola Lamboya ini akan diselenggarakan di Lapangan Hobakala, Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat pada Sabtu 2 Februari 2019.

Peserta yang mengikuti Rapat itu pun nampak antusias menyambut Pesta Adat ini.

“Kami sangat senang dengan Rapat hari ini karena mendapat dukungan dari semua pihak dan kerja sama antar Pemerintah dan Masyarakat” Ujar Dominikus Kedu Pajanging saat diwawancarai Swarantt.net usai Rapat. [Melky Hady]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here