Robert Soter Marut: Biogas Solusi Penanganan Limbah Ternak di Kabupaten Manggarai

0
305

RUTENG, SwaraNTT.net ~ Robert Soter Marut Bacaleg DPR RI melaunching Biogas ramah lingkungan di kantor JPIC – Provinsi SVD Ruteng tepatnya di Kelurahan Pau, Kecamatan Langke Rembong kabupaten Manggarai, Rabu 19/08/18.

Hadir dalam acara ini Provinsial SVD Ruteng, Pater Yosef Masan Toron SVD, Koordinator JPIC Ruteng Pater Simon, Adrianus Petrus Lagur sebagai Manager Direktur SL Consultan ( perencana energi baru terbarukan dan pertanian berkelanjut) dan perwakilan beberapa tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya Pater Yosef Masan Taron SVD mengungkapkan dengan Launchingnya Biogas di kantor JPIC Ruteng membuat saya bangga dengan Pater Simon dengan daya juangnya selama ini bisa bertemu dengan pak Rober soter Marut untuk membuat alat biogas yang ramah akan lingkungan hidup.

“atas kerja kerasnya Pater Simon bisa lounching hari ini biogas di kantor JPIC Ruteng, semuanya ini atas suport dari pak Rober Marut dimana kepeduliannya selama ini terhadap lingkungan alam di kabupaten Manggarai bisa teratasi”, Ungkapnya.

Menurut Rober Soter Marut, manfaat energi biogas adalah sebagai pengganti bahan bakar khususnya minyak tanah dan dipergunakan untuk memasak kemudian sebagai bahan pengganti bahan bakar minyak. Dalam skala besar, biogas dapat digunakan sebagai pembangkit energi listrik. Di samping itu, dari proses produksi biogas akan dihasilkan sisa kotoran ternak yang dapat langsung dipergunakan sebagai pupuk organik pada tanaman / budidaya pertanian.

Lebih lanjut Ia menjelaskan Pengolahan kotoran ternak menjadi biogas selain menghasilkan gas metan untuk memasak juga mengurangi pencemaran lingkungan hidup, menghasilkan pupuk organik padat dan pupuk organik cair dan yang lebih penting lagi adalah mengurangi ketergantungan terhadap pemakaian bahan bakar minyak bumi yang tidak bisa diperbaharui.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, kita harus selamatkan generasi kita mulai dari sekarang dimana kita harus banyak menanam pohon sebagai investasi untuk anak dan cucu kita nantinya, Ungkap Robert Marut.

Koordinator JPIC Ruteng, Pater Simon dalam sambutannya tujuan dari kegiatan ini adalah agar kita bisa selamatkan alam dan buat alam semakin bersahabat dengan kita.

Menurut Dia pembuatan Biogas di Kabupaten Manggarai sangat cocok karena hampir sebagian besar di wilayah kita banyak berprofesi sebagai peternak, Ungkap Koordinator JPIC Ruteng

Lebih lanjut pater Simon mengungkapkan energi Biogas ini merupakan alternatif yang ramah lingkungan dan terbarukan yang mulai dikembangkan seperti pada hari ini kita menyaksikan langsung dalam Launching perdananya di kantor JPIC Ruteng. Selain menghasilkan energi listrik, biogas juga dapat digunakan untuk kebutuhan akan bahan bakar pengganti minyak.

Menurut Robert Soter Marut cara pembuatan biogas tersebut cukup sederhana. Yakni cukup dengan menyediakan lubang terutup dengan konstruksi dinding dan lantai semen, sebagai penampung kotoran hewan dari kandang. Dari lubang tersebut dipasang pipa dan keran untuk mengalirkan biogas ke kompor.

Diharapkan pembuatan biogas menjadi solusi peternakan ramah lingkungan, yang kotoranya tidak menimbulkan pencemaran, namun justru bernilai ekonomi karena bisa menghasilkan biogas sebagai bahan bakar, Ungkap Robert Soter Marut. [Roman/SN]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here