Tanggap Darurat Pemda Manggarai Turun Tangani Jalan Putus Ruteng – Reo

0
949

Ruteng, Swarantt.net Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai akhirnya secara langsung memberikan Tanggap Darurat terhadap jalan putus Ruteng – Reo yang berpusat di Kampung Nunang, Desa Salama, Kecamatan Reok pada Kamis 24 Januari 2019 Siang.

Tanggap Darurat yang diberikan oleh Pemda Manggarai itu berupa pembuatan jalan alternatif dengan cara menurunkan alat berat Eksa milik Dinas PU Kabupaten Manggarai untuk membersihkan puing – puing yang terhampar akibat jalan putus dan longsor itu serta membuka jalan alternatif disamping kiri jalan dengan memakai lahan milik Bapak Beni.

Pantauan Swarantt.net, alat berat Eksa itu bekerja dari siang hingga malam hari dengan mengangkut pasir dan meratakan tanah serta menggusur lahan milik Bapa Beni untuk dijadikan jalan alternatif itu.

Di tengah hiruk pikuk penggusuran itu terlintas sebuah kendaraan Carry yang memuat orang yang meninggal dunia dari arah Ruteng menuju Reo.

Keluarga berduka terpaksa memikul orang meninggal itu untuk melewati jalan putus yang sementara dikerjakan itu. Alat berat Eksa pun diberhentikan sementara.

Setengah jam kemudian muncul sebuah mobil Carry yang memuat Ibu Hamil dari arah Reo menuju Ruteng. Mobil Carry itu terpaksa didorong oleh Warga dan TNI/Polri untuk melewati jalan alternatif yang sementara dikerjakan itu.

Alat berat itu kemudian melanjutkan pekerjaannya sampai pada malam hari.

Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, SH.MH yang berada di lokasi penggusuran mengatakan bahwa sikap yang diambil Pemda Manggarai dalam menangani jalan putus ini hanya sekedar Tanggap Darurat.

“Kewenangan sepenuhnya ada pada Satker Jalan Negara. Kami hanya memberikan Tanggap Darurat agar jalan Ruteng Reo kembali normal dan distribusi BBM pun tidak terhambat” Jelas Bupati Manggarai kepada sejumlah Awak Media

“Saya tidak mungkin melangkahi aturan. Tugas Saya hanya Kordinasi agar jalan ini segera diperbaiki sehingga memudahkan Pengguna Jalan dan arus lalu lintas. Warga terdekat pun dapat tertolong dengan adanya Tanggap Darurat ini” Jelasnya lagi.

Hingga berita ini diturunkan Bupati Manggarai dan Dandim 1612 beserta Koramil Reo, Polsek Reok, Camat Reok masih setia memantau penggusuran tanah dan pertolongan terhadap Warga. (Viany)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here