oleh

Tim Survei Holtikultura Manggarai Sambangi Hotel, Restoran dan Pasar di Mabar

Labuan Bajo, Swarantt.net – Sejumlah Perangkat Daerah penunjang pengembangan holtikultura dengan Simantri di Kabupaten Manggarai melakukan survei pemasaran holtikultura dan menyambangi beberapa Hotel, Restoran dan Pasar di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, Kamis tanggal 17 sampai 18 Januari 2019.

Survei ini dipimpin langsung oleh Asisten III Sekda Kabupaten Manggarai, Ir. Ketut Sulastika.

Ir. Ketut  Sulastika selaku Ketua Tim Survei yang memimpin jalannya Survei itu kepada Swarantt.net menjelaskan bahwa tujuan dilakukan kegiatan tersebut untuk memperkenalkan produk unggulan holtikultura yang telah dihasilkan oleh para Petani Simantri di Kabupaten Manggarai.

Tujuan memilih Labuan Bajo sebagai tempat Survei dan tempat Pemasaran, Kata Ketut, merupakan pilihan yang tepat karena Labuan Bajo merupakan tempat tujuan Wisata.

“Kita coba menangkap peluang dari sini untuk memperkenalkan produk unggulan holtikultura yang dikerjakan oleh para Petani Simantri di Kabupaten Manggarai. Sebagai Pemerintah Kita coba menghubungkan pada Petani dengan Hotel – Hotel dan Restoran di Labuan Bajo. Kita perkenalkan produk Kita secara nyata” Kata Ketut.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai, drh. Yoseph Mantara menjelaskan bahwa kegiatan ini dimaksudkan supaya Pemerintah juga memperoleh informasi dari pihak pengelola akan kebutuhan produk unggulan holtikultura yang digunakan pada Hotel – Hotel dan Restoran. Selanjutnya pihak pengelola Hotel juga lebih muda mendapatkan berbagai jenis holtikultura.

Yoseph juga berharap agar Hotel – Hotel berbintang di Labuan Bajo dapat menggunakan produk unggulan dari para Petani Manggarai sehingga kebutuhan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan Hotel.

“Nanti Kami akan membangun kerja sama agar Petani Simantri di Kabupaten Manggarai dapat mensuplai produk unggulan holtikultura sesuai standar yang dibutuhkan” Jelas Yoseph.

Menanggapi kunjungan dari Tim Survei itu, Beni salah seorang Purchasing Officer di Hotel Ayana Labuan Bajo memberikan apresiasi atas kehadiran Pemkab Manggarai yang bertemu dengan Staf Hotel.

Beni menjelaskan bahwa dari awal dibangunnya Hotel Ayana ini pihaknya berharap agar selalu menggunakan produk lokal.

“Selama ini Kami ambil dari Pengepul atau Pedagang kecil. Sejak September lalu ada 25 Produk yang telah Kami gunakan, baik Buah maupun Sayuran. Kita pernah berhubungan dengan Petani di Cancar, kualitasnya dicek sesuai standar sesuai kebutuhan Hotel” Ujar Beni.

Selain itu, ujarnya lagi, beberapa produk lain yang didatangkan dari luar seperti Telur Ayam dengan kebutuhan mencapai 1000 butir per hari, daging Sapi, daging Ayam yang kebutuhannya mencapai 150 Kg per hari.

Selanjutnya Tim Survei ini bertolak lagi ke Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat untuk membahas kerja sama lanjutan dalam pemasaran Holtikultura. (Berto Davids)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed