oleh

UPTD Puskesmas Ranggu, Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Siswa/I SD

Labuan Bajo, SwaraNTT.net  ~ Kepala unit pelaksana teknis daerah   (UPTD) Puskesmas Ranggu, dr.Tobias Lada, melakukan Penjaringan dan Pemeriksaan Kesehatan bagi anak-anak sekolah dasar (SD) Se-kecamatan Kuwus Barat. Kali ini, selasa, 23/10/2018 berlangsung di SDN Golo, desa Golo Lewe.

Kegiatan penjaringan dan pemeriksaan kesehatan tersebut, pantauan lapangan Sewarantt.net, yang datang melakukan pemeriksaan itu, dari dinas kesehatan UPTD puskesmas Ranggu, diantaranya;  ada dr. Heldiasti K. Randung, bidan  Mariana L. Trisnawati, Karmelia K. Tulis, Yohana Hartati, Teresia Tueng, Menteri Simon P. J. Madi, dan Haris Yanuaris.

Menurut,  dr. Heldiasti K. Randung yang melakukan pemeriksaan kesehatan umum anak-anak SDN Golo Lewe, saat diwawancarai media ini, menerangkan kegiatan  yang kami lakukan  hari ini adalah penjaringan dan pemeriksaan kesehatan yang dicanangkan oleh UPTD Puskesmas Ranggu.  Dua kegiatan yang dilakukan, yakni usaha kesehatan sekolah(UKS) dan usaha kesehatan guru-guru di sekolah (UKGS).

Kegiatan penjaringan dan pemeriksaan kesehatan ini dalam rangka untuk mewujudnyatakan usaha kesehatan dari siswa/i dan para guru di sekolah, lebih khususnya di SDN Golo Lewe yang kami kunjungi hari ini, Paparnya.

Adapun, kegiatan penjaringan kesehatan diantaranya pemeriksaan kesehatan umum lebih-lebih bagi anak-anak SD kelas satu baru, sebagai bentuk tahap pengenalan awal dari kegiatan UKS. Selain itu, juga diadakan pelatihan sikat gigi masal bagi peserta didik SDN Golo Lewe, dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 tanpa terkecuali, dengan dibimbing langsung oleh beberapa bidan, menteri dan dr. Heldiasti K. Randung tepatnya di halaman kantor sekolah tersebut.

Lalu, setelah selesai pelatihan sikat gigi masal itu, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan umum bagi siswa/i kelas 1-6, oleh dr. Heldiasti dan pemeriksaan kesehatan gigi, menteri Simon P. J. Madi dan pemeriksaan kesehatan lingkungan SDN Golo Lewe, oleh bidan kesehatan dan lingkungan, Yohana Hartati dan mengukur tinggi dan berat badan anak-anak sampai selesai.

“Kegiatan yang kami lakukan hari ini adalah UKS dan UKGS. Dari UKS dan UKGS yang pertama kami lakukan adalah penjaringan kesehatan bagi anak-anak kelas satu bru yang baru masuk sekolah, sebagai tahap perkenalan bagi mereka dari kegiatan UKS ini. Kemudian kedua, pemeriksaan kesehatan gigi, dan ketiga, pemeriksaan kesehatan secara umum dan mengukur tinggi dan berat badan anak-anak, selain itu ada pembagian obat cacing dan pemeriksaan kesehatan lingkungan, seperti perawatan sarana sanitasi yang ada di SDN Golo Lewe”, tuturnya.

Lebih lanjut, dr. Heldiasti menjelaskan dari hasil pemeriksaan kesehatan gigi dan kesehatan umum yang telah kami lakukan hari ini, hasilnya banyak anak-anak yang belum bisa menjaga kebersihan gigi, kuku, dan telinga yang masih kurang bersih. Sedangkan,  untuk hasil cek kesehatan anak-anak secara umum, jelasnya, mereka rata-rata kesehatannya baik-baik saja. Tidak akan ada yang bermasalah terkait kondisi kesehatannya, semuanya aman, dan keadaan lingkungan pun tetap terjaga, tandasnya. [Romanus/SW]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed