oleh

Warga Desa Nggalak Kembangkan Budidaya Jahe Dengan Polybag

MANGGARAI, SwaraNTT.net Warga di Desa Nggalak Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai menyambut baik pelaksanaan program penanaman jahe dengan polybag yang terbuat dari sak semen.

Program desa  tersebut, sebagai upaya memberdayakan warganya dari sektor pertanian di desa tersebut agar bisa menambah penghasilan ekonomi warga.

Kepala Desa Nggalak, Kongradus Dain, menuturkan, program Desa  tersebut, mendorong petani untuk mengembangkan tanaman pertanian yang membawa nilai ekonomi bagi petani itu sendiri.

“Saya pikir kita tidak repot untuk mengurus jahe, bisa ditanam di pekarangan sekitar rumah, kita kapanpun bisa merawatnya, setidaknya dengan budidaya jahe ini, akan mendorong atau menambah pendapatan ekonomi petani,” kata Kades Nggalak kepada SwaraNTT.net, Jumat (01/03/2019).

Pada kesempatan tersebut kades Dain mempraktekkan cara membuat polybag dari sak semen kepada kelempok Tani Wae Mereng, Ibu PKK, Staf Desa dan masyarakat tani.

Langkah awal menurutnya persiapkan sak semen yang tidak terpakai, kemudian sak semen di buka lebar lalu tekuk masukkan media tanam setebal 30 cm. Seleksi bibit dipersemaian pilih yang sehat, dengan cara di congkel setelah itu ditanam dalam polybag yang terbuat dari sak semen, Jelas Kades Dain.

Kepada peserta yang hadir kades Dain, menjelaskan jahe merupakan tanaman khas Indonesia yang memiliki banyak manfaat, termasuk manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Bahkan, jahe layak disebut sebagai superfood karena manfaatnya yang cukup beragam dan desa siap membantu masyarakat untuk mendatangkan pembelinya, Jelas kades Nggalak.

Baca Juga :   Pengelolaan Dana Desa di Desa Compang Cibal Diduga Tidak Transparan

Ima, selaku Ketua kelompok Wanita Tani Wae Mereng, “dengan dilakukannya kegiatan budidaya jahe pada saat ini di halaman kantor desa Nggalak kami sebagai masyarakat mendapat pengetahuan baru tentang cara membudidaya jahe melalui polybag walaupun dari barang bekas”.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed