oleh

4 Orang di Manggarai Masuk ODP Covid-19, Ini Penjelasan Kabag Prokompi

-DAERAH-1.500 views

Ruteng, Swarantt.net – 4 orang di Kabupaten Manggarai, Propinsi NTT tercatat Orang Dalam Pengawasan/Pemantauan (ODP)Covid-19 atau Virus Corona.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompi) Setda Kabupaten Manggarai yang sekaligus Juru Bicara Komando Tugas Pencegahan dan Penanganan Virus Corona Kabupaten Manggarai, Ludovikus Moa.

“Sampai saat ini tercatat ada 4 Orang Dalam Pengawasan/Pemantauan (ODP). Keempatnya diketahui setelah Mereka memeriksa kesehatan ke beberapa fasilitas kesehatan dan mengalami beberapa gejala demam, batuk, pilek, nyeri di bagian tenggorokan dan sesak napas” Jelas Lodi sapaan akrab Ludovikus Moa melalui siaran pers yang diterima Redaksi Swarantt.net, Minggu 22 Maret 2020 Petang.

Lodi menjelaskan, 4 ODP tersebut sebelumnya melakukan perjalanan ke beberapa Kota/Negara. Ada yang dari Jakarta, Denpasar dan Filipina. Rata-rata Mereka kembali ke Manggarai pertengahan Maret ini.

“Keempatnya dalam keadaan yang baik dan kini dirawat di Rumah masing-masing. Kondisinya akan terus dipantau selama 14 hari” Jelas Lodi.

Lebih lanjut Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Manggara ini menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Manggarai telah membentuk tim Komando Tugas Pencegahan dan Penanganan Virus Corona. Tim ini dipimpin langsung oleh Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, SH.MH.

Dalam upaya pencegahan Virus Corona di Daerah ini, Jelas Lodi, Bupati Manggarai telah mengeluarkan beberapa instruksi dan himnauan, diantaranya instruksi tentang peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penularan infeksi Covid-19 pada satuan pendidikan se Kabupaten Manggarai, surat edaran tentang pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Manggarai dan himbauan dalam rangka pencegahan Virus Corona.

Baca Juga :   Pelayanan Tatap Muka di Kantor KPP Ruteng Ditutup Sementara

Lodi juga menambahkan dalam upaya pencegahan wabah pandemi Corona ini Pemerintah Kabupaten Manggarai pun telah melakukan langkah antisipasi, salah satunya dengan mengukur suhu tubuh atau deteksi dini dengan menggunakan alat Thermo gun di beberapa lokasi, yakni di Pelabuhan Reo, Bandara Frans Lega, Terminal Carep dan Terminal Mena.

Selain itu, Jelas Lodi, Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui Dinas Kesehatan juga telah mengeluarkan instruksi kepada Petugas Medis untuk mematuhi protokol-protokol penanganan Virus ini.

“Berbagai persiapan dilakukan BLUD RSUD dr Ben Mboy sebagai langkah antisipasi penanganan manakala ada Masyarakat yang mengalami gejala-gejala terinfeksi Virus Corona” Jelas Lodi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed