oleh

Aklamasi, AHY Ketua Umum Demokrat Gantikan SBY

JAKARTA, SwaraNTT.Net – Putra sulung Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY resmi menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020-2025. AHY resmi menggantikan sang ayah setelah terpilih secara aklamasi.

AHY melenggang secara mulus menggantikan ayahandanya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Ketua Umum DPP Partai Demokrat periode 2020-2025. AHY terpilih secara aklamasi atau suara penuh.

“Iya benar (terpilih secara aklamasi),” kata politisi Demokrat Rachlan Nasidik kepada wartawan, Minggu (15/3/2020).

Sebelumnya, AHY mendaftarkan diri sebagai Calon Ketua Umum Partai Demokrat. Terlihat sang istri Anissa Pohan ikut mendampingi AHY saat mendaftar.

Sesampainya di tempat Kongres Partai Demokrat yang berlokasi di JCC, Senayan, Jakarta Pusat. AHY langsung menuju area pendaftaran dengan diiringi yel dukungan AHY menjadi ketua umum oleh kader.

“Dengan ini saya menyampaikan pendaftaran saya sebagai calon Ketum Demokrat 2020. Semoga dapat diterima dan dapat verifikasi dengan baik oleh panitia,” ucap AHY selepas mendaftar, di JCC, Senayan, Jakarta Pusat.

Kongres Partai Demokrat diselenggarakan satu hari. Dijadwalkan sejak pagi hingga malam hari. Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan memastikan akan terjadi pergantian ketua umum dalam forum tertinggi lima tahunan partai tersebut.

Menurut Hinca, Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak akan melanjutkan jabatannya menjadi orang nomor satu di partai mercy itu. Dia menyebut SBY akan memberikan kesempatan kepada pemimpin anyar.

Penegasan senada juga disampaikan Juru Bicara Kongres V Partai Demokrat, Irwan.

“Sah, AHY (terpilih) Ketua Umum Partai Demokrat 2020-2025,” kata Irwan kepada wartawan.

Dia menerangkan bahwa AHY terpilih secara aklamasi setelah seluruh pemilik hak suara dalam pemilihan Ketum Partai Demokrat periode 2020-2025 sepakat untuk memilih AHY.

Baca Juga :   Presiden Instruksikan Penanganan Segera Korban Gempa Ambon

Jumlah pemilik suara dalam pemilihan Ketum Partai Demokrat periode 2020-2025 sendiri diketahui berjumlah 604 orang.

“Seluruh peserta yang punya hak suara secara bulat aklamasi memilih AHY untuk memimpin Partai Demokrat,” kata Irwan.

AHY akan meneruskan tugas ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang sebelumnya menjabat sebagai Ketum Partai Demokrat sejak 2013.

SBY sebelumnya memastikan bahwa partainya akan memiliki pemimpin baru pasca-penyelenggaraan Kongres V Demokrat. Ia meyakini Demokrat akan semakin cerah di tangan sosok pemimpin baru itu.

“Setelah Kongres Partai Demokrat 2020 ini, kita akan memiliki dewan pimpinan partai yang baru. Saya punya keyakinan yang tinggi, di tangan para pemimpin baru nanti, masa depan Partai Demokrat akan makin cerah,” kata SBY saat berpidato dalam pembukaan Kongres V Demokrat di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta pada Minggu (15/3).

Presiden keenam RI itu menyatakan bahwa sosok yang mengemban tugas sebagai pemimpin Demokrat periode 2020-2025 adalah kader yang kapabel, memiliki visi dan kompetensi, setia kepada perjuangan partai, serta punya komitmen yang tinggi untuk membesarkan Demokrat.

Namun, SBY berkata, bahwa pemimpin-pemimpin lama di Demokrat tidak akan pergi dan tetap berjuang bersama agar Demokrat semakin kuat di masa mendatang. Ia kemudian menegaskan bahwa dirinya akan tetap berada di Demokrat.

“Sebenarnya, ketika para pemimpin baru itu datang, pemimpin-pemimpin lama tidak pergi. Kami-kami akan tetap di sini dan berjuang bersama. Justru, partai kita akan makin kuat, Di manapun saya berada, apapun posisi saya, saya akan tetap berada di rumah ini,” ujarnya. (CNN Indonesia).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed