oleh

Bawaslu Manggarai Siapkan Tes Socrative Untuk Rekrutmen Panwascam Pilkada 2020

MANGGARAI, SwaraNTT.Net – Kabupaten Manggarai akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Tahun 2020, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu)  Kabupaten Manggarai sudah tutup rekrutmen jajaran pengawas adhoc ditingkat kecamatan atau Panwascam, Rabu, (04/12/2019).

Berbeda dengan rekrutmen sebelumnya, rekrutmen Panwascam kali ini akan lebih selektif karena akan menggunakan Tes Socrative.

Ketua Bawaslu Kabupaten Manggarai, Marselina Lorensia menjelaskan,  seleksi penerimaan anggota panitia pengawas pemilihan kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Manggarai dilakukan berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini akan lebih selektif karena akan menggunakan Tes Socrative secara serempak di Indonesia.

Menurut Marselina Lorensia, pelaksanaan seleksi berbasis online menggunakan sistem computer assisted test  (CAT) ini merupakan gebrakan perdana Bawaslu RI dalam perekrutan pengawas adhoc tingkat kecamatan. CAT merupakan metode seleksi dengan alat bantu komputer dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Dijelaskan, tesnya menggunakan Socrative, ini merupakan terobosan baru dan sistem penilaiannya akan di akumulasi dengan tes wawancara. Metode ini sesuai dengan pedoman pelaksanaan pembentukan Panwascam yang dikeluarkan oleh Bawaslu RI dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi.

Lebih lanjut, Ketua Pokja Pembentukan Panwascam Pilkada 2020 Marselina Lorensia menjelaskan, “pada tanggal 12/12 ini pengumuman hasil peneltian berkas administrasi. Mulai tanggal 12 – 15 Desember Bawaslu butuh tangapan dari masyarakat terkait dengan peserta yang lolos seleksi administrasi dan pada tanggal 13 – 17 Desember tes tertulis dan wawancara,” Jelas Ketua Bawaslu Manggarai.

Baca Juga :   Ketua Bawaslu NTT Apresiasi Kinerja Pengawasan Bawaslu Manggarai

Selanjutnya jelas Ketua Pokja,  setelah mengikuti tes tertulis, peserta sesi pertama selesai kemudian diarahkan ke kantor Bawaslu Manggarai untuk di wawancarai, Ungkap Marselina Lorensia.

Untuk diketahui tempat tes tertulisnya akan dilaksanakan di SMK Santu Petrus Ruteng, di jalan Jagu  Rowang, Waso, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

 

Nathan

Komentar

News Feed