oleh

Biar Paham Energi Ramah Lingkungan, Marsel Minta Uskup Ruteng Kirim Pater Simon Tukan ke Larderello

Manggarai, SwaraNTT.Net – Aktivis LSM LPPDM Marsel Nagus Ahang mendesak uskup Keuskupan Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat, Pr dan Pater Provinsial SVD Ruteng, Pater Paulus Tolo, SVD, agar segera mengirim Kordinator JPIC SVD Ruteng, Pater Simon Suban Tukan ke Vatikan.

Adapun tujuan mengirim Pater Simon Tukan ke Vatikan, sebut Marsel adalah agar Pater Simon Tukan bisa memperbanyak literasi soal Proyek Geothermal.

“Pater Simon Tukan ini terkenal karena selalu mengadvokasi masyarakat, terutama soal berbagai tambang di Manggarai Raya, termasuk proyek Geothermal di Poco Leok,” sebut Marsel kepada sejumlah awak media, Rabu, 9 Agustus 2023 malam.

Ia menjelaskan, berdasarkan keterangan sumber LPPDM, masyarakat di Poco Leok pernah dia bawa ke Mataloko tuk studi banding soal dampak buruk gethermal. Sayangnya, di Mataloko ia bawa warga itu ke kawah, bukan ke titik pengeboran. Tak hanya Mataloko, kabarnya Pater Simon juga menjadikan proyek Wae Sano di Manggarai Barat sebagai sampel masyarakat menolak geothermal.