oleh

Buka Kegiatan Regsosek Bupati Heri, Ketersediaan Data Penting Dalam Proses Pembangunan

Manggarai, SwaraNTT.Net – Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit membuka secara resmi Rapat Koordinasi ( Rakor) Kabupaten Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022, yang berlangsung di hotel Revayah Ruteng, Rabu (28/09/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Hery Nabit mengharapkan agar semua pihak ikut membantu BPS, menyatukan persepsi, langkah dan strategi, sehingga pelaksanaan Pendataan Awal Regsosek Tahun 2022 bisa berjalan dengan baik dan memberikan hasil sesuai harapan. Dia juga berharap adanya persamaan data terkait program perlindungan sosial dan ekonomi yang tepat sasaran.

“Tolong dicermati dengan baik. Tentunya Rakor ini untuk menyamakan persepsi kita, menyamakan narasi apa yg diharapkan oleh BPS agar itu menjadi sama. Saya juga inginkan itu bisa satu data,”ujarnya.

Lebih lanjut kata Bupati Hery salah satu faktor penting dalam pembangunan adalah data. Data lanjut politisi PDI Perjuangan ini masih menjadi tantangan bagi Indonesia untuk terus membenahinya, khususnya dalam aspek akurasi dan pemutakhiran data, guna mengefektifkan program perlindungan sosial dan ekonomi yang tepat sasaran.

“Tantangan yang dihadapi saat ini terkait target sasaran bantuan sosial kemiskinan yang mencakup seluruh penduduk untuk target pembangunan masih minim data. Dan saya senang pada hari ini, kita duduk bersama untuk membicarakan data yang sangat penting. Artinya setelah Rakor ini, sumber data kita terpusat di BPS”, jelasnya.

Adapun kegiatan tersebut difasilitasi Badan Pusat Statistik (BPS) Manggarai.

Untuk diketahui Rakor pendataan awal Regsosek ini juga sebagai tindak lanjut arahan dari Presiden tentang perbaikan data untuk menyusun regsosek. Dalam pidato Presiden RI memutuskan reformasi program perlindungan sosial diarahkan pada perbaikan basis data penerima melalui pembangunan data regsosek serta percepatan perhapusan kemiskinan ekstrim.

Baca Juga :   Melintasi Posko Covid-19 Weri Pateng, Dua Pelaku Perjalanan Ditemukan Suhu Tubuh Diatas 38 Derajat Celcius

Dalam laporan ketua panitia penyelenggara Leksius Jeda menyampaikan peserta Rakor kali ini sebanyak 70 peserta, yang berasal dari unsur Forkopimda Manggarai, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat se-Kabupaten Manggarai dan seluruh stakeholder terkait.

Tema Rakor adalah Mencatat untuk Membangun Negeri, Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat.

Pada tempat yang sama Kepala BPS Manggarai, Yosef Danu menyampaikan, pemerintah mengusung strategi pendataan awal Regsosek untuk memutakhirkan data guna mendukung program penanggulangan kemiskinan dan berbagai program lainnya dimana, salah satunya dengan melakukan transformasi data menuju Regsosek.

“Pendataan Regsosek perlu segera dilaksanakan agar dapat dimanfaat oleh seluruh program pelayanan masyarakat. Untuk itu kami adakan Rakor ini, agar informasi Regsosek ini akan tersampaikan kepada seluruh masyarakat, karena Regsosek milik bersama,”tutup Yosef Danu.