oleh

Bupati Hery Nabit Gelar Tanam Perdana Kedelai Varietas Anjasmoro di Cibal Barat

Manggarai, SwaraNTT.Net – Untuk meningkatkan produksi kedelai di Kabupaten Manggarai, Bupati Herybertus Nabit, melakukan pencanangan penanaman tanaman Kedelai secara simbolis di Desa Lenda, Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Sabtu, (22/10/2022).

Tanam simbolis tersebut Bupati Hery Nabit, didampingi Pelaksana Tugas (Plt), Kepala Dinas Pertanian Manggarai, Micha Octovianus Dima, Kepala Dinas PUPR Manggarai Lambertus Paput, Kadis Perikanan Jon Syukur, Kabag Pembangunan Nobertus Caling, Kabag Prokopim Paulus Jeramun, Kabid P2P Dinkes Gabriel Amir, Camat Cibal Barat Vincesius R. Sama, para Kades se-Kecamatan Cibal Barat, kelompok Tani Milenial serta dihadiri para tokoh adat Gendang Kawak.

Plt. Kepala Dinas Pertanian Manggarai, Micha Octovianus Dima, mengatakan saat ini Pemda Manggarai telah mengembangkan pencanangan tanam Kedelai di lima Kecamatan.

“Kecamatan Reok Barat seluas 285 hektar, Kecamatan Satar Mese Barat seluas 155 hektar, Kecamatan Satar Mese seluas 200 hektar, Kecamatan Cibal Barat seluas 20 hektar dan kecamatan Reok 10 hektar,” sebut Plt. Kadis Pertanian Micha Dima.

Disebutkan Micha Dima, Pemda Manggarai telah mengembangkan lahan pertanian kedelai seluas 670 hektar yang tersebar di lima kecamatan.

Dalam penanaman perdana di Kecamatan Cibal Barat, sebut Micha Dima, tersebar di dua desa, diantaranya 10 hektar di desa Lenda dan 10 hektar di desa Bere.

Sumber benih dalam tanam perdana Kedelai di Kecamatan Cibal Barat, jelas Micha Dima, berasal dari desa Kajong, Kecamatan Reok Barat, dengan varietas Anjasmoro.

Baca Juga :   Gubernur VBL Mengajak DPRD Provinsi Untuk Terus Mengontrol Pembangunan di NTT

Bupati Hery Nabit, dalam sambutannya mengapresiasi terhadap kelompok Tani Milenial di desa Lenda dan desa Bere, karena gerakan tanam Kedelai direspon positif oleh para kelompok tani dan masyarakat secara keseluruhan.

Kepada masyarakat desa Lenda, Bupati Hery Nabit, menjelaskan program pencanangan penanaman Kedelai saat ini merupakan bagian dari instruksi Presiden Indonesia, Joko Widodo, pasalnya Indonesia saat ini sedang mengalami krisis pangan.

Dengan begitu, jelas Bupati Hery Nabit, gerakan tanam kedelai yang dicanangkan oleh pemerintah Daerah di Kecamatan Cibal Barat, tidak hanya fokus di desa Lenda dan desa Bere saja tetapi akan dikembangkan diseluruh desa di Cibal Barat.

Selain itu, jelas Bupati Hery Nabit, pihaknya menjamin hasil panen Kedelai para petani, karena telah menggandeng offtaker dari forum komunikasi Doa Bangsa. Sehingga para petani tetap merasa aman dan percaya diri menanam kedelai secara terus-menerus atau berkelanjutan.

Untuk diketahui, lokasi pencanangan penanaman Kedelai secara simbolis berlangsung di Kawak, Desa Lenda, Kecamatan Cibal Barat.