oleh

Bupati Manggarai Meresmikan Pembangunan 32 BTS 4G POI dari Kemenkominfo RI

-DAERAH-805 views

Manggarai, SwaraNTT.Net – Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, meresmikan pembangunan 32 BTS 4G POI (Base Transceiver Station 4G Point of Interest) bantuan Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) untuk wilayah Kabupaten Manggarai tahun anggaran 2021, yang berlokasi di SMPN 5 Langke Rembong, Kelurahan Compang Carep, Kecamatan Langke Rembong, pada Kamis, (10/06/2021).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Veni Diana Wanggut, dalam sambutannya menjelaskan pembangunan infrastruktur Base Transceiver Station merupakan hasil kerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika.

Sebelumnya lanjut, Veni Diana Wanggut, Pembangunan BTS 4G, telah dimulai sejak tahun 2020 oleh pemerintah pusat dan mengalokasikan 1 unit BTS di Desa Robek, Kecamatan Reok dan saat ini telah beroperasi.

Bupati Manggarai, Hery Nabit, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo RI, lantaran telah merealisasikan harapan masyarakat Manggarai yang berada di daerah terpencil dengan meningkatkan layanan 32 BTS terdiri dari 2 BTS Induk, 1 Repeater, dan 29 BTS 4G.

Bantuan sarana telekomunikasi, lanjutnya, menjadi bentuk nyata upaya pemerintah dalam rangka memperkuat wilayah yang selama ini mengalami keterbatasan di bidang informasi dan telekomunikasi.

“Kehadiran BTS ini juga diharapkan dapat dipergunakan sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Bupati Manggarai

Untuk diketahui, BTS POI Ruteng ini merupakan kategori BTS Induk yang akan menjangkau seluruh BTS BAKTI yang berada di tiga kabupaten yakni Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Barat, dan Kabupaten Manggarai Timur.

Baca Juga :   Pasca Kebakaran SPBU Mena, Polisi Gelar Olah TKP

Peletakan batu pertama ini merupakan rangkaian awal dalam membangun BTS serupa di Desa dan Kelurahan pada 7 kecamatan yang belum terlayani oleh sinyal 4G.

Berikut rincian lokasi pembangunan BTS periode 2021-2022 antara lain Kecamatan Langke Rembong, 1 unit BTS Induk berlokasi di Kelurahan Compang Carep; Kecamatan Reo, 1 unit BTS Induk di Kelurahan Baru dan 3 BTS 4G berlokasi di Desa Ruis, Desa Watu Baur, dan Desa Watu Tango; lalu Kecamatan Reok Barat, 8 BTS 4G berlokasi di Desa Kajong, Desa Lante, Desa Lemarang, Desa Loce, Desa Nggalak, Desa Paralando, Desa Toe, dan Desa Torong Koe.

Selanjutnya Kecamatan Cibal, 3 BTS 4G berlokasi di Desa Riung, Desa Ladur, dan Desa Perak; Kecamatan Cibal Barat, 3 BTS 4G berlokasi di Desa Golo Lanak, Desa Golo Woi, Desa Wae Codi,  dan 1 Repeater berlokasi di Desa Latung; kemudian Kecamatan Satarmese, 6 BTS 4G berlokasi di Desa Mocok, Desa Lungar, Desa Koak, Desa Langgo, Desa Satar Loung, dan Desa Tado. Terakhir, Kecamatan Satarmese Barat, 7 BTS 4G berlokasi di Desa Borik, Desa Nuca Molas, Desa Satar Lenda, Desa Satar Luju, Desa Satar Ruwuk, Desa Wongka, dan Desa Cambir Leca.

News Feed