oleh

Demi Meningkatkan PAD, Pemda Manggarai Bersama Bank NTT Launching Pembayaran Pajak Online

Manggarai, SwaraNTT.Net – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai melalui Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) bekerjasama dengan Bank NTT Cabang Ruteng melakukan launching aplikasi pajak online, pada Rabu (29/08/2022).

Selain launching aplikasi pajak online, Bank NTT, juga memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pemasangan lampu penerangan jalan umum kepada Pemda Manggarai sebesar Rp 450 juta.

Aplikasi pajak berbasis digital di Kabupaten Manggarai yang dilaunching langsung oleh Bupati Herybertus Nabit bersama Direktur utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho, bertempat di Kantor Bupati Manggarai itu terdiri dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), 9 Pajak Daerah dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Hadir dalam launching aplikasi tersebut, Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut, Staf Khusus Gubernur NTT, Pius Rengka, Kepala Dinas Pertanian NTT Lucky Oli, Sekretaris Daerah (Sekda) Manggarai, Fansi Jahang, Direktur Perumda Tirta Komodo, Marsel Sudirman, Dandim 1612 Manggarai Letkol Inf. Muhammad Faisal, Waka Polres Manggarai, Kompol Sahidin Suna, para pimpinan perangkat daerah Manggarai, Pimpinan Bank NTT Cabang Ruteng Jemmi Romi D. Radjalangu serta para camat.

Dalam sambutannya, Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho, mengatakan sistem pembayaran pajak secara online melalui aplikasi Be Pung Mobile Bank NTT, bertujuan untuk mempermudah jangkauan layanan dalam melakukan pembayaran pajak secara online kepada wajib pajak.

Selain itu kata Dirut Harry, apa yang dilakukan saat ini merupakan cara bank NTT untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Manggarai.

“Sebenarnya pembayaran PBB, 9 Pajak Daerah dan BHTPB sudah ada sejak dulu tetapi yang kita launching hari ini dengan sistem pembayaran onlinel melalui aplikasi,” sebutnya.

Dikatakan Dirut Harry, sebagai Bank milik daerah wajib hukumnya bagi Bank NTT untuk selalu berkontribusi terhadap setiap pembangunan di wilayah Kabupaten Manggarai maupun daerah lain di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Melalui kanal ini, sambungnya, orang sangat mudah mengakses dan melakukan pembayaran pajak hanya melalui aplikasi Be Pung Mobile Bank NTT, dari mana saja.

Baca Juga :   Rayakan Idul Adha 1442 H di Nanga Ramut, Wabup Heri Ngabut; Momen Berbagi dan Saling Menguatkan

Kepada awak media, Bupati Manggarai, Herybertus Nabit, mengapresiasi berbagai inovasi yang yang dimilik Bank NTT, dengan mengembangkan sistem pembayaran pajak online melalui aplikasi Be Pung Mobile Bank NT.

Saat ini kata, Bupati Hery Nabit, masyarakat Manggarai tidak mesti harus ke Bank atau ke dinas pendapatan daerah lagi untuk membayar pajak.

Dengan menyediakan kanal pembayaran, jelas Bupati Hery Nabit, masyarakat lebih mudah dan cepat melakukan pembayaran tidak harus mengantri.

“Melalui sistem ini, PAD Kabupaten Manggarai terus meningkat serta ekonomi masyarakat Manggarai lebih efisien, baik itu dari sisi keuangan maupun dari sisi waktu,” ucapnya.

Namun kerjasama seperti ini, lanjut dia, tidak menutup kemungkinan atau mengunci pihak lain untuk ikut berkontribusi untuk membangun Manggarai.

Terkait dengan data wajib pajak, Bupati Hery Nabit, menjelaskan saat ini masih ditemukan lahan yang belum di data dengan baik.

“Lahan yang belum di data dengan baik maksudnya, lahan itu dulunya masih lahan kosong tetapi saat ini sudah mendirikan bangunan. Rumahnya yang belum terdaftar sebagai pajak bumi dan bangunan,” jelasnya.

Tahun depan lanjutnya, Dinas Pendapatan akan melakukan pendataan ulang mulai dari kecamatan Langke Rembong, karena banyak lahan yang alih fungsinya.

“Mulai tahun depan dilakukan pendataan ulang terkait lahan mulai dari kecamatan Langke Rembong karena kelihatan perubahannya, dulu lahan kosong tetapi saat ini sudah mendirikan bangunan untuk itu harus disesuaikan kondisi saat ini,” tutupnya.