oleh

Diduga Tilep Dana BOK, Marsel Desak Jaksa Periksa Bendahara Puskesmas Lemarang

Manggarai, SwaraNTT.Net – Puluhan Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Lemarang, Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai, kesal atas pernyataan Bendahara BOK Puskesmas Lemarang Kornelia Setiawati.

Sementara sejak bulan April sampai September 2022, 34 Nakes tersebut belum menerima pembayaran dari dana BOK yang diserahkan oleh Kornelia Setiawati.

Baca Juga: Puluhan Nakes di Puskesmas Lemarang Belum Menerima Pembayaran Dana BOK

Untuk diketahui, pada Senin 5/12/2022 malam, Kornelia Setiawati, melalui sambungan telepon, mengatakan pihaknya telah melakukan pembayaran uang tahap dua yang bersumber dari BOK kepada 34 Nakes, pada April 2022 lalu.

Selain itu, sebut Kornelia Setiawati, uang honor dua Nakes yang berstatus Tenaga Pendukung Pembantu Kesehatan (TPPK), belum dicairkan oleh Dinas Kesehatan Manggarai, lantaran salah satu Nakes tersebut sebelumnya cuti.

Saat dikonfirmasi SwaraNTT.Net, Marianus Godensius Gerahan, mengatakan setelah ada pemberitaan, Kornelia Setiawati, langsung menyerahkan uang honornya melalui salah satu Nakes di Polindes To,e.

Saat ini sebut, Marianus Gerahan, Kornelia Setiawati, belum menyerahkan uang honor kepada Elisabeth, selama dua bulan.

Sejumlah Nakes pun mengaku, bahwa Kornelia Setiawati, pernah mengakui bahwa sejumlah uang BOK milik 34 Nakes dipakainya untuk urusan keluarga.

Para Nakes ini mengaku marah lantaran, Kornelia Setiawati, pernah mengeluarkan pernyataan “tidak seberapa uang kalian dengan saya punya gaji PNS”.

Sementara Ketua Lembaga Pengkaji Peneliti Demokrasi Masyarakat (LPPDM) NTT, Marsel Nagus Ahang, mendesak Dinas Kesehatan Manggarai, agar segera panggil Kapus Lemarang bersama Bendahara Kornelia Setiawati.

Baca Juga :   Berkunjung ke Kabupaten Sumbawa, Pangdam IX/Udy Disambut Tarian Sumbawa

Menurut dia, Bendahara Kornelia Setiawati, tidak jujur, sementara semua Nakes mengaku tidak pernah menerima pembayaran dari Bendahara Kornelia Setiawati.

“Kasian juga 34 Nakes ini, apalagi kebanyakan dari mereka lebih banyak tenaga sukarela,” jelas mantan anggota DPRD dari fraksi PKS itu.

Marsel juga mendesak Kejaksaan Negeri Manggarai, untuk periksa Bendahara Kornelia Setiawati bersama Kapus Lemarang.

Menurut Marsel, Bendahara Kornelia Setiawati, tidak punya niat baik untuk membayar jasa teman Nakes di Puskesmas Lemarang.

“Dugaan saya, bisa saja Kapus Lemarang bersama Bendahara Kornelia Setiawati, kerjasama, mungkin saja uang BOK habis dipakai,” tegas Marsel.