oleh

DINAS P2KBP3A MANGGARAI -WVI TEKEN MoU PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN ANAK DAN PENGEMBANGAN KABUPATEN LAYAK ANAK

Ruteng, Swarantt.netPemerintah Kabupaten Manggarai melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) Program Manggarai mengenai penyelenggaraan Perlindungan anak dan pengembangan kabupaten layak anak.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Kepala Dinas P2KBP3A Mahu Asisi Aleks,SH,M.Si dan Manager Wahana Visi Indonesia Program Manggarai David Pandapotan Sitohang di Ruteng pada Rabu (16/01/2019) lalu.

Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Manggarai Mahu Asisi Aleks melalui pesan singkatnya kepada Swarantt.net mengatakan kerja sama ini memiliki target agar kabupaten Manggarai di tahun 2019 kekerasan terhadap Perempuan dan anak semakin berkurang. Mengapa? Karena kedua mahluk diatas dianggap lemah. Hal lain kata kadis berkacamata ini untuk mempromosikan kota Ruteng menuju kota Layak anak.

Perjanjian kerjasama ini dimaksudkan sebagai landasan kerjasama bagi kedua pihak dalam upaya terwujudnya Penyelenggaraan Perlindungan Anak dan Pengembangan Kabupaten Layak Anak (KLA) di Kabupaten Manggarai, serta untuk pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak melalui kebijakan, program, kegiatan dan anggaran yang berpihak pada anak guna
mengurangi tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Sementara itu Manager Wahana Visi Indonesia (WVI) Program Ruteng David Pandapotan Sitohang kepada swarantt.net diruang kerjanya selasa (29/01/2019) menjelaskan WVI berkomitmen untuk memperkuat kelembagaan lokal, dalam rangka peningkatan kapasitas personal lebih khususnya pada penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. karena selanjutnya WVI akan keluar dari zona itu dan lembaga-lembaga lokal tersebut yang akan melanjutkan programnya seperti Pemerintah,P2TP2A,Gereja dan lembaga-lembaga Lokal lain yang konsen dengan dengan masalah kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Baca Juga :   Peduli Covid-19, IIPG Bersama DPD Golkar Lampung Bagi 100 Wastafel Portable dan 15 Ribu Masker

“Jadi sebenarnya kita memang konsen dan berkomitmen untuk memperkuat kelembagaan atau lembaga lokal,itu konsennya kita,strateginya kita itu,karena pada akhirnya kitalah yang akan keluar dari sini,kemudian lembaga lokallah yang meneruskan perjuangan ini” tutup David.

Beberapa point yang disepakati dalam kerjasama dalam rangka pengimplementasian penyelenggaraan perlindungan anak menuju terwujudnya Kabupaten Layak Anak (KLA) di Kabupaten Manggarai diantaranya Pengembangan konsep, strategi, dan roadmap/peta jalan serta pelaksanaannya, Pendampingan Forum Anak Kabupaten Manggarai (FAKAM), Pelaksanaan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten, Pembinaan dan monitoring P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak) dan KPAD (Kelompok Perlindungan Anak Desa) dan Peningkatan kualitas hidup dan perlindungan perempuan serta keluarga. (Silve)

Komentar

News Feed