oleh

Direktur Global With Us Jepang, Suzuki Takayuki Tinjau Peserta Pelatihan Bahasa Jepang di Manggarai

Manggarai, SwaraNTT.Net – Bupati Manggarai Herybertus GL. Nabit menerima kunjungan Direktur Global Withus Jepang Suzuki Takayuki, di ruang rapat SMPN 1 Langke Rembong Selasa (17/01/2023). Kedatangan Direktur Withus ini untuk meninjau pelaksanaan pelatihan bahasa Jepang bagi calon tenaga kerja Manggarai yang nanti akan diberangkatkan ke Jepang.

Bupati Hery didampingi sekda Kabupaten Manggarai Jahang Fansi Aldus, PLT Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Dicky Djenarut dan Kepala SMPN 1 Langke Rembong Ardi Lirik.

Direktur PT. Edigy Djaya Global, Alvin Saputra Komala dalam keterangan persnya mengatakan bahwa para peserta yang diberi pelatihan bahasa Jepang, bukan untuk magang di Jepang, melainkan tenaga yang memang dipersiapkan untuk kerja di Jepang.

“jadi memang status kita berbeda, bukan magang, mereka sebagai perkerja” katanya.

Sementara itu Direktur Global With Us Suzuki Takayuki kepada media ini menyampaikan kesannya bahwa, melihat perkembangan para peserta sangatlah positif, semangat untuk mengikuti pelatihan sangat tinggi.

Lebih lanjut Dia menyampaikan bahwa program ini akan berjalan dengan baik apabila adanya kerja sama atau kolaborasi berbagai pihak. Karena kata Dia tanpa adanya kerja sama, apapun itu pasti tidak berjalan dengan baik.

Peluang kerja saat ini di Negara Jepang lanjutnya sangatlah tinggi, namun yang menjadi kendala adalah kebanyakan dari kalangan tua. Karena itu kata Dia setiap tahunnya Jepang mendatangkan tenaga kerja dari luar negeri sebanyak 350 ribu orang. Diapun berharap program ini berjalan dengan baik dan berhasil.

Untuk Dia berharap para peserta yang mengikuti latihan harus sungguh-sungguh,sehingga hasilnya juga baik. Menyoal peserta yang selama tiga bulan mengikuti pelatihan, namun tidak maksimal kata Dia, akan di berikan kelas tambahan.

Baca Juga :   Pemda Manggarai Kembali Sukses Raih WTP dari BPK RI Perwakilan NTT

Sementara itu Bupati Manggarai Hery Nabit kepada media ini menjelaskan, kedatangan Direktur Global Withus Suzuki Takayuki dari Jepang, mau menunjukan komitmen mereka untuk bekerja sama dalam mengurangi masyarakat yang belum memiliki pekerjaan.

“kedatangan mereka dari global Withus dan juga dari edygi menebalkan keyakinan kita semua bahwa, ini adalah sebuah peluang bagi anak-anak kita yang belum memiliki pekerjaan atau yang mau cari pekerjaan lain” ungkap Bupati Hery.

Karena itu Bupati Hery berharap, dan meminta kepada semua peserta agar serius mengikuti pelatihan bahasa jepang, dan mengikuti semua alur yang ditentukan. Sebagai peserta yang pertama mengikuti pelatihan Bupati Hery berharap, semuanya berhasil, sehingga semuanya dikirim untuk menjadi pekerja di Jepang.

“kelompok yang pertama ini harus sukses dalam pengertian mereka ini harus berangkat ke Jepang, apaun caranya, tadi sudah dibicarakan kalau hasil test bahasanya, nilainya kurang bagus, itu akan diberikan kelas tambahan, pokoknya sedapat mungkin semuanya bisa berangkat, kenapa harus sukses, karena itu menjadi contoh, bagi saudara-saudara yang lain, yang sekarang ini sedang menunggu dan melihat apakah program ini berhasil atau tidak” tutup Bupati Hery.