oleh

DLH Manggarai Gelar Konsultasi Publik Rencana Detail Tata Ruang

-DAERAH-521 views

Manggarai, SwaraNTT.Net – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Manggarai, kembali menggelar kegiatan konsultasi publik, Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), untuk wilayah Kecamatan Langke Rembong.

Kegiatan RDTL dan KLHS ini bertujuan untuk, memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam rencana pembangunan pada dokumen rencana rinci di wilayah Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, NTT.

Kegiatan tersebut dihadiri, tokoh masyarakat, LSM, dan pimpinan OPD, yang berlangsung di Aula Ranaka, Kantor Bupati Manggarai, pada Selasa (17/5/2022).

Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup, Kabupaten Manggarai, Kanisius Nasak, menjelaskan proses perizinan dan perencanaan pembangunan harus mengacu pada KLH, agar pembangunan infrastruktur gedung harus sesuai dengan peruntukannya.

“Kedepannya proses perizinan dan perencanaan pembangunan harus mengacu pada KLH, agar proses perencanaan pembangunan sesuai dengan peruntukannya,” jelas Kadis Kanis Nasak.

Menurut dia, dilaksanakannya kegiatan tersebut, agar ketika masyarakat mengusulkan untuk pembangunan rumah atau gedung, jangan sampai di kemudian hari lokasi tersebut bermasalah, karena tidak sesuai dengan pemanfaatan tata ruang.

“Kegiatan konsultasi publik ini, merancang kesesuaian rencana detail tata ruang, untuk meminimalisir soal, karena selama ini banyak persoalan terkait pembangunan gedung karena tidak sesuai peruntukannya,” jelas kadis Kanis Nasak.

Dikatakan dia, rancangan RDTR bukan untuk memperhambat investor masuk ke kabupaten Manggarai, tetapi untuk membantu investor agar bisa berinvestasi di Kabupaten Manggarai.

Baca Juga :   Pemkab Sumba Barat, Hibah dan Serah Terima  Barang Milik Daerah Berupa Sebidang Tanah Untuk Bangun Kantor Pertanahan

“Ada pemahaman segelintir orang, bahwa RDTR ini menghambat investor masuk di kabupaten Manggarai, tidak begitu, justru kita membantu,” ungkap Kadis Kanis Nasak.

Ia juga menjelaskan, kedepannya pemda Manggarai membuat aplikasi, terakit kondisi tata ruang, sehingga semua masyarakat Manggarai maupun di luar Manggarai, yang akan membeli tanah di wilayah Kabupaten Manggarai bisa mengakses melalui aplikasi.

Sehingga, kata kadis Kanis, orang yang ingin membeli tanah untuk bangun rumah ataupun ingin membangun pubrik di wilayah kabupaten Manggarai, bisa langsung mengakses melalui aplikasi sesuai peruntukannya.

“Kedepannya pasti terbuka, karena Pemda Manggarai akan membuat aplikasi, sehingga masyarakat bisa akses mau beli tanah dimana saja di wilayah Kabupaten Manggarai, langsung buka aplikasi dan tau  kondisi lokasi yang akan dibeli lalu peruntuknnya,” beber Kadis Lingkungan Hidup

Sambung Kadis Kanis, setelah RDTR dan membuat KLHS rampung digarap, nantinya Bupati Manggarai akan mengeluarkan peraturan Bupati, terkait tata ruang.

News Feed