oleh

Dukung Masyarakat Belajar Dari Rumah, Menkominfo Siapkan Program Unggulan Bermanfaat

Jakarta, Swarantt.net – Kementrian Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Republik Indonesia meluncurkan program unggulan yang dapat diakses secara daring untuk mendukung Masyarakat Belajar Dari Rumah.

Program unggulan itu, yakni Talent Scholarship, Literasi Digital Siberkreasi dan Digital Technopreneur. Ketiga program unggulan tersebut akan melayani Masyarakat untuk mempermudah Belajar Dari Rumah.

Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo, Basuki Yusuf Iskandar, program unggulan yang dapat diakses secara daring itu dipilih agar bisa memberikan keterampilan dan peningkatan kompetensi digital bagi Masyarakat Indonesia di tengah wabah Covid-19 atau Virus Corona.

“Ini salah satu bentuk mendukung arahan Presiden. Bisa mendukung kegiatan Belajar Dari Rumah dengan beberapa tema pelatihan yang Kominfo siapkan” Jelas Basuki.

Mengenai pelaksanaan, Jelasnya lagi, Badan Litbang SDM akan menyiapkan saluran khusus dan bekerja sama dengan penyelenggara platform pembelajaran digital untuk mendukung pelaksanaan pelatihan dan Kominfo juga menyiapkan sertifikat kompetensi bagi Mereka yang memenuhi persyaratan.

Selain itu, Jelas Dia, pihaknya juga menyiapkan Online Academy tanggap darurat berupa pelatihan online untuk kegiatan produktif selama masa darurat Corona. Jadi Peserta bisa belajar tentang kewirausahaan digital atau digital marketing.

“Nanti calon peserta bisa mendaftar di laman websitedigitalent.kominfo.go.id kemudian memilih tema pelatihan yang tersedia secara daring” Jelasnya.

Lebih lanjut terkait Literasi Digital Siberkreasi dan Digital Technopreneur, Direktur Jenderal Aplikasi, Samuel menegaskan bahwa Kominfo tetap menjalankan program gerakan literasi digital bersama Siberkreasi dan Digital Technopreneur secara daring.

Baca Juga :   Menkominfo Siap Tangkal Isu Hoax Covid-19 Yang Menyebar di Medsos

Menurutnya, program gerakan itu beranggotakan 106 lembaga dan komunitas di Indonesia yang memiliki visi untuk melakukan edukasi literasi digital sekaligus mempersiapkan masyarakat untuk memasuki era digital. Fokus utamanya adalah mendorong produksi konten positif dan menekan penyebarannya hoax.

“Gerakan literasi digital sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kecakapan digital dan pencegahan terhadap konten negatif, hoax, ujaran kebencian dan perudungan Siber” Jelas Samuel.

Dikatakannya, penyediaan materi literasi digital dilaksanakan secara online. Jika selama ini ada kegiatan tatap muka, maka kominfo akan menggelar diskusi secara daring.

“Diskusi itu akan berlangsung setiap Kamis dan Senin Pukul 19.30 sampai 20.30 Wib, Live Streaming via YouTube Siberkreasi. Diskusi itu membawa materi seputar literasi digital secara interaktif” Ungkap Samuel.

Untuk program Digital Technopreneur, Kata Samuel, tahapan yang sedang diselenggarakan oleh Kominfo adalah tahapan inkubasi, juga akan tetap diselenggarakan secara daring.

Pada tahapan inkubasi, Kata Dia, Kominfo akan menyiapkan dua sesi yang dilakukan secara online setiap Sabtu dan Minggu berturut-turut di 10 Kota.

“Proses kegiatannya dilakukan dengan Mentor berada di Jakarta dan Tim Startup berada di Rumah masing-masing berdasarkan jarak yang ditunjuk” Jelas Samuel.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed