oleh

Gelar Pelatihan Kewirausahaan, DPMKUT Manggarai Dorong Wirausaha Pemula Lebih Kompetitif

-DAERAH, EKONOMI-665 views

Manggarai, SwaraNTT.Net – Dinas Penanaman Modal, Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Tenaga Kerja (DPMKUT) Kabupaten Manggarai menggelar pelatihan kewirausahaan bagi wirausaha pemula pengrajin tenun dan Ecoprint, yang berlangsung di Hotel Viktory Ruteng, selama tiga hari sejak Kamis 17 sampai 19 September 2021.

Kepada SwaraNTT.Net, Sekretaris DPMKUT, Siprianus Ngaca, menjelaskan wirausaha pemula harus mampu menerapkan ilmu produktifitas sebagai pola hidup untuk lebih maju dan lebih baik, sikap produktif akan mendorong pelaku usaha menjadi lebih dinamis dan kreatif.

Tujuan pelatihan ini jelas Siprianus, untuk membantu para pelaku usaha pemula agar mampu mengidentifikasi kekuatan dan bakat agar kedepannya dapat menyelesaikan masalah umum yang dihadapi dalam dunia usaha.

Selain melaksanakan pelatihan Kewirausahaan bagi wirausaha pemula dalam upaya mendukung perkembangan SDM Usaha Kecil ke depan, Pelatihan Pemasaran dan Komunikasi Bisnis bagi UKM bertujuan membangun strategi pemasaran dan komunikasi yang baik dan tepat sasaran serta menanamkan pemahaman tentang pentingnya persaingan ekonomi maupun pasar.

Ia juga mengungkapkan, walaupun kesulitan itu muncul seperti kurangnya akses permodalan, pemasaran, dan persaingan usaha yang ketat, para pelaku usaha tetap berinovasi

Ia mengajak para pelaku usaha mengoptimalkan potensi sumber daya lokal dan selalu kreatif serta berinovasi mengingat pesaing bisnis semakin ketat.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Manggarai, Yosep Mantara dan dihadiri 27 peserta diantaranya 13 pelaku usaha Tenun dan 14 Ecoprint.

Baca Juga :   Mahasiswa Asal Sumba Barat Daya di Bali Tewas Saat Berenang di Kolam Renang

Penulis: Ardy

News Feed