oleh

Gubernur VBL Hadiri Pemakaman Adat Raja Nggongi Umbu Yadar

Kupang, SwaraNTT.Net – Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat menghadiri prosesi adat pemakaman Raja Nggongi Umbu Yadar yang terletak di Desa Praimaditha, Kecamatan Karera, Kabupaten Sumba Timur (7/10/22).

Turut hadir bersama Gubernur NTT dalam prosesi pemakaman tersebut, Ketua DPRD Provinsi NTT Emi Nomleni, Bupati Sumba Timur Khristofel Praing, Wakil Bupati Sumba Timur David Melo Wadu, Pimpinan dan anggota DPRD Sumba Timur, Unsur Forkopimda, Direktur Utama Bank NTT, dan para Pimpinan Perangkat Daerah serta tamu undangan penting lainnya.

Gubernur bersama para rombongan yang hadir juga memakai busana adat khas Sumba Timur, sebagai wujud penghormatan untuk mendiang Raja Umbu Yadar beserta keluarga besar.

Sehari sebelumnya, tepatnya Kamis (6/10/22) sore, Gubernur Viktor Laiskodat yang juga merupakan Sulung Selatan (Saudara tertua) bagi Masyarakat Sumba Timur, khususnya wilayah Selatan membawa serta tiga ekor Kerbau Madappa (kerbau dengan tanduk panjang), untuk diserahkan langsung secara adat kepada pihak keluarga besar Mendiang Raja Umbu Yadar sebagai wujud rasa persaudaraan.

Seperti diketahui, Sumba dengan julukannya Surga Tersembunyi dan keanekaragaman budaya serta adat istiadatnya, memiliki keunikan ritual tersendiri pada setiap kegiatan maupun event yang akan dilakukan, termasuk pada prosesi pemakaman.

Dalam tradisi orang Sumba Timur, khususnya dalam kalangan raja ataupun dalam kalangan rakyat biasa, pemakaman orang mati adalah hal yang sangat penting. Karena menurut kepercayaan mereka, jika orang yang sudah mati diadati atau dihormati, maka orang yang telah mati tersebut akan memberi berkat kepada orang yang masih hidup.