oleh

Guru PPPK Belum Digaji, Menteri Nadiem Makarim Disemprot Anggota DPR RI

Jakarta, SwaraNTT.Net – Sampai hari ini, Pak, masih banyak guru-guru yang menangis. Kapan kami terima gaji? Kami makan apa ini?.

Demikian disampaikan Anggota DPR RI Komisi X Anita Jacoba Gah, kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, saat mengikuti rapat bersama DPR RI Komisi X, pada Selasa (27/9/2022.

Menurut politikus Partai Demokrat itu, ada banyak guru yang telah dinyatakan lulus tes PPPK tetapi tidak kunjung diangkat.

Selain itu, kata Anita, banyak guru lulus PPPK tidak mendapatkan penghasilan padahal sudah harus berhenti dari pekerjaan lama mereka.

Masalah pengangkatan dan penggajian Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) kembali menjadi pembahasan panas.

Anita, menilai Nadiem tidak berempati dengan nasib para guru PPPK yang sampai detik ini masih menangis karena berbagai masalah.

Anita juga menyorot guru lulus passing grade (PG) yang sampai saat ini nasibnya belum ada kejelasan, karena tak kunjung mendapat formasi PPPK.

“Mereka menunggu diangkat, karena banyak yang sudah diberhentikan,” tuturnya.

Ia meminta Menteri Nadiem Makarim untuk lebih memperhatikan nasib guru PPPK.

Selanjutnya, Anita juga meminta Mendikbud untuk memperhatikan tunjungan guru honorer di sejumlah daerah, terutama di 3T (daerah terdepan, tertinggal, dan terluar).

“Tolong perhatikan Pak Menteri, tunjangan profesi guru, di daerah terpencil yang belum cair sudah tiga bulan, ini kita mau marah apa mau kasihan. Tolong perhatikan,” tegasnya.

Baca Juga :   Upaya Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional, Jokowi; Benahi Managemen

Politisi Partai Demokrat itu pun menyinggung soal sikap Nadiem Makarim yang merasa bangga karena mendapat tepuk tangan dalam rapat Persatuan Bangsa-Bangsa (PPB) beberapa hari lalu.

Anita mengatakan Nadiem Makarim tidak perlu membanggakan hal tersebut karena masih banyak persoalan PPPK.

“Mas Nadiem bisa mendapatkan tepung tangan di luar negeri, tetapi tidak dengan kami,” ucapnya.