oleh

Halaman Rumah Wunut Ruteng Dipakai Sebagai Ruang Terbuka Untuk Publik

-DAERAH-951 views

Ruteng, SwaraNTT.net Rumah Wunut Ruteng yang dikenal sebagai Rumah bersejarah yang diwariskan oleh leluhur orang Manggarai kini dipakai sebagai ruang terbuka untuk publik.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai, Mensi Do saat diwawancarai swarantt.net pada Sabtu (12/1/2019) di Ruteng.

Mensi mengatakan bagian Rumah Wunut yang dipakai sebagai ruang terbuka untuk publik adalah bagian luar khususnya halaman depan, sedangkan bagian dalam tetap dipakai menjadi ikon budaya sekaligus situs budaya Manggarai.

Dia juga bertekad agar nantinya Rumah Wunut disempurnakan menjadi museum budaya Manggarai dimana Rumah Wunut dapat berfungsi sebagai destinasi pariwisata dan tempat penelitian bagi Wisatawan Mancanegara.

“Kondisi terakhir Rumah Wunut sudah rapi dan asri, pintu – pintu yang rusak dan papan – papan yang bolong sudah diperbaiki, taman juga sudah ditanami bunga – bunga sehingga Kami layak untuk menyempurnakan Rumah Wunut ini sebagai museum sekaligus ruang terbuka untuk publik” Kata Mensi.

Selain itu, tutur Mensi, bagian dalam Rumah Wunut juga dipakai sebagai sarana untuk menuangkan kreativitas anak muda dengan berbagai macam potensi yang dimiliki setiap individu, yakni panggung hiburan rakyat. Hal itu rencananya dilakukan setiap malam Minggu tetapi karena cuaca hujan maka ditangguhkan untuk sementara waktu.

Mensi pun menuturkan bahwa pada tahun 2019 melalui Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Manggarai telah dialokasikan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian PDT. Dana itu sebesar RP. 150.000.000 untuk merehab bagian – bagian kecil dari Rumah Wunut. [BD]

Baca Juga :   Baru Empat Bulan Dipakai Aspal Jalur Wea - Teme Sudah Rusak

Komentar

News Feed