oleh

Hasil Musda X DPD II Partai Golkar Kabupaten Manggarai, Yoakhim Jehati Terpilih Sebagai Ketua

Manggarai,SwaraNTT.Net – Musda X DPD II Partai Golkar Kabupaten Manggarai yang berlangsung di aula Efata Ruteng Rabu (29/07/2020) secara sah memilih Yoakhim Y. Jehati sebagai Ketua DPD II Golkar Kabupaten Manggarai, periode 2020-2025. Yoakhim terpilih menggantikan Simprosa R. Gandut.

Acara dibuka secara resmi oleh Ketua DPD I Partai Golkar Propinsi Nusa Tenggara Timur, Emanuel Milkiades Lakalena. Musda X DPD II Partai Golkar Kabupaten Manggarai kali ini mengusung tema ” Kita Satu Untuk Indonesia”.

Dalam sambutannya, Melki mengajak semua kader Partai Golkar agar menjalankan proses Musda dengan aman, damai dan lancar. Dia juga meminta agar, ditengah pandemi Covid-19, pelaksanaan Musda tetap mengikuti protokol kesehatan, dengan tujuan mata rantai penyebaran Cpvid-19.

Sebab lanjutnya hingga saat ini pandemi Covid-19 belum juga berakhir, vaksinyapun belum ditemukan.

“karena itu kita harus mencegah penyebaran Covid-9 ini, daripada mengobati. Apalagi sampai sekarang belum ada obat ataupun vaksin untuk Covid-19. Sehingga pesan saya, tetap ikuti rotokol kesehatan” ungkapnya.

Musda kali ini lanjut Melki sesuai dengan perintah Partai hanya musyawarah mufakat karena itu tidak boleh ada pemilihan.

“musyawarah mufakat itu akan dilakukan sebelum Musda dibuka. Sidang paripurna akan dibuka setelah ada musyawarah mufakat” ujarnya.

“Itu perintah ketua Umum, kalau misalnya di Manggarai ada musyawarah dan mufakat yah kita lanjutkan, tapi kalau masing-masing calon bersih keras untuk maju, mau tidak mau kita pending Musdanya” taambahnya lagi.

Ketua DPD I Propinsi NTT Partai Golkar ini juga meminta, agar menghargai semua keputuasan yang ada dalam keputusan Musda X Partai Golkar Kabupaten Manggarai. Ia juga mengimbau kepada kader agar tidak perlu menyebarluaskan dinamika yang terjadi pada partai golkar.
Ia berharap semua dinamika cukup menjadi konsumsi internal partai saja.

“Kita berkompetisi ini cuma satu kali, sampai mati kita akan menjaga tali persaudaraan dan kebersamaan yang sudah lama kita bangun” katanya.

Selesai dibuka, Musdapun dilanjutkan dengan Musyawarah ufakat antara DPD I, DPD II dan Seluruh Komcat Partai Golkar Kabupaten Manggarai.

Setelah selesai proses Musyawarah Mufakat itu akhirnya Yoakhim Jehati terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Manggarai.

Hal inipun dikukuhkan melalui pembacaan ditandai Surat Keputusan Musda X Partai Golkar yang menetapkannya sebagai Ketua DPD II Golkar Kabupaten Manggarai periode 2020-2025.

Dalam sambutannya, Yoakhim mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan untuk memimpin partai Golkar. Lebih lanjut Yoakhim m ngatakan bahwa terpilihnya Dia sebagai Ketu merupakan pristiwa besar dan tercatat dalam sejarah hidupnya.

Anggota Dewan dari Dapil Cibal dan Reo ini mengaku, tidak pernah bermimpi untuk menjadi Ketua Golkar di Kabupaten Manggarai, sebab menurutnya Ia bukanlah siapa-siapa.

“Kalau tidak pernah bermimpi yang pasti saya tidak punya ambisi. Karena saya menyadari banyak kekurangan. Tapi inilah jalan yang Tuhan berikan untuk saya” ujarnya.

Diapun berkomitmen untuk membesarkan Partai Golkar dengan konsepnya. Dia juga mengakui tidak banyak janji tetapi segoyanya bisa menahkodai Partai Golkar dengan baik dan akan segera melakukan rekonsiliasi.

Baca Juga :   Koordinator Umum Aliansi Mahasiswa Manggarai Datangi Bupati Manggarai Barat

Mantan Ketua GMNI cabang Manggarai itu mengaku akan membangun tali silatirahmi kepada sejumlah kader partai, yang walaupun berbeda pendapat saat Musda berlangsung sehingga persaudaraan akan terjalin kembali seperti biasa.

“Banyak hal yang harus dibenahi, termasuk pembenahan kader dan kesekretariatan” katanya.

Apalagi tantangan pertama yang akan dia hadapi adalah pilkada manggarai pada 9 Desember mendatang.

“Ujian terbesar untuk saya adalah pilkada. Kalau golkar kalah dalam pilkada mendatang berarti itu kegagalan pertama saya” katanya.

Untuk itu sebagai Pemimpin Partai Ia mengajak seluruh kader Partai Golkar agar sama-sama bersabar dan menahan diri siapa kandidat yang diusung Partai Golkar.

“Ketika sudah ada keputusan kita Gas. Kader harus Mampu menahan diri, kemana arah partai Golkar saya berharap tiidak ada yang tercecer karena kemenangan Golkar adalah kemenangan kita bersama” katanya.

“Mari kita sama-sama mendayung partai ini untuk kejayaan kita bersama” tambahnya lagi.

Kegiatan Musda X Partai Golkar ini ditutup secara resmi oleh DPD I Partai Golkar yang diwakili oleh Fransiskus Sarong. Ia menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya ketua baru DPD II Partai Golkar Kabupaten Manggarai periode 2020-2025.

Proses musyawarah dan mufakat Musda X Partai Golkar Kabupaten Manggarai kata Dia, berjalan cukup alot dan melelahkan.

“Pa Yoakhim harus bisa memahami berbagai proses ini, pulihkan hubungan antar kader” tambahnya lagi.

Lebihl Sarong mengatakan bahwa, pesoalan yang sangat menganggu dalam mengurus organisasi khususnya partai adalah urusan keuangan.

‘Urusan keuangan itu harus sungguh menjadi perhatian dalam mengelolah partai golkar kedepan” katanya.

Ia juga ucapkan terimakasih kepada mantan Ketua DPD II Partai Golkar Manggarai Simprosa R. Gandut.

Hal itu menurutnya karena, melalui diskusi yang cukup panjang akhirnya merelakan kursi ketua Golkar Manggarai kepada Yoakhim Y. Jehati. Sarong juga menegaskan bahwa, Yokhim terpilih bukan karena diarahkan oleh siapa-siapa. Tetapi itu karena Yoakhim dianggap menjadi kader terbaik kedua di Partai Golkar karena, sebelumnya menjabat sebagai sekretaris Partai.

Ia juga mengingatkan kepada ketua terpilih agar mejaga hubungan baik dengan siapapun dari berbagi sisi, kedepan, ke belakang, ke atas dan ke samping.

“Yang dipertimbangkan betul adalah sinkoronisasi kepentingan tingkat atas dan tingkat bawah” tutupnya.

Penulis : Silve

News Feed