oleh

Hindari Perpeloncoan, IKIP Budi Utomo Malang Gelar Samba Dengan Konsep Humanis

Malang,SwaraNTT.Net – IKIP Budi Utomo (IBU) Malang kembali menggelar kegiatan Samba (Sambut Mahasiswa Baru), untuk episode Arjuna dan Srikandi. Kegiatan Samba Episode Arjuna dilaksanakan tanggal (17/09/2020) lalu, sedangkan untuk episode Srikandi dilaksanakan pada tanggal (24/09/2020).

Demikian disampaikan Humas IKIP Budi Utomo (IBU) Malang, Jasuli kepada SwaraNTT.Net melalui pesan WhatsApp Jumat (25/09/2020) pagi.

Jasuli menjelaskan, jumlah peserta yang hadir pada kegiatan tersebut sebanyak 400 orang. Dengan rincian peserta yang hadir secara langsung sebanyak 50 orang dan peserta online sebanyak 350 orang.

Lebih lanjut Dia menjelaskan, SAMBA epsiode Arjuna dan Srikandi merupakan serangkaian kegiatan penyambutan mahasiswa baru dari episode-episode sebelumnya (SAMBA Merdeka) yang digelar bulan Agustus lalu. SAMBA episode Arjuna adalah SAMBA dengan peserta laki-laki semua, sedangkan Episode Srikandi adalah SAMBA dengan peserta perempuan semua.

Semua peserta yang mengikuti kegiatan SAMBA berpakaian rapi, ini kata Jasuli sebagai cerminan dari nilai-nilai Kebudiutamaan yaitu, ke-Indonesia-an, Kemanfaatan, Kepedulian, Kepatuhan dan Kepatutan

Acara SAMBA juga kata Dia telah memenuhi protokol kesehatan. Panitia dan mahasiswa masuk ke lokasi terlebih dahulu dicek suhu, disemprot di bilik disinfektan, cuci tangan, dan memakai masker selama acara berlangsung. Mahasiswa yang hadir dihimbau untuk memastikan/memeriksakan kesehatan diri sebelum datang ke acara.

Kegiatan SAMBA bertemakan Arjuna dengan peserta laki-laki semua dan Srikandi dengan peserta perempuan semua. Hal ini merepresentasi maba (mahasiswa baru) yang kesatria, perkasa dan tangguh dalam menyongsong merdeka belajar.

Baca Juga :   Pemdes Hilihintir Diduga Alokasi ADD Untuk Pembangunan Rabat Beton dan Deker di Desa Cambir Leca

Acara ini juga dimeriahkan dengan tampilan silat dan tari nusantara, yang menjadi ciri khas IKIP Budi Utomo yang terbiasa hidup dalam Keberagaman.

Selain acara hiburan ada juga dialog bersama para Wakil Rektor dan Ketua Prodi, dengan tujuan agar mahasiswa baru tidak salah mengambil langkah dalam menyongsong akademik mereka.

Untuk itu Dia berharap mahasiswa yang belum mendaftar bisa segera daftar ulang agar bisa mengikuti SAMBA di episode selanjutnya.

Sementara Rektor IKIP Budi Utomo (IBU) Malang Dr. Nurcholis Sunuyeko menjelaskan, kegiatan Samba merupakan kegiatan yang intinya mengedukasi Mahasiswa baru dan pengenalan Internal Kampus.

 

Beberapa point penting kegiatan Samba IKIP Budi Utomo (IBU) Malang yang disampaikan Dr. Nurcholis Sunuyeko diantaranya :

1.IKIP Budi Utomo (IBU) Malang telah sejak puluhan tahun lalu mengecam tindakan orientasi “perpeloncoan” yang malah dapat merusak mental calon mahasiswa.

2. IKIP Budi Utomo menghimbau pemerintah memperhatikan dan memastikan tidak ada “perpeloncoan” mahasiswa baru oleh oknum Perguruan Tinggi

3. Kegiatan SAMBA bersifat mengedukasi dan mengenalkan kehidupan kampus dengan cara-cara yang dibenarkan Pemerintah sebagaimana dihimbau oleh Kemdikbud.

Untuk itu Dia berharap semua tindakan perpeloncoan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, di kampus manapun harus diberi sanksi yang tegas oleh pemerintah bila perlu diproses secara hukum.

News Feed