oleh

HUT PDIP-49, Megawati: TPDI Bagian dari Sejarah PDI Hingga Bertransformasi Menjadi PDIP

-NASIONAL-796 views

Jakarta, SwaraNTT.Net – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) hari ini, Senin (10/1/2022) telah memasuki hari jadinya ke–49 Tahun, untuk itu DPP PDI Perjuangan melaksanakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-49, dengan mengusung tema “ Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya” yang dihadiri secara virtual oleh Anggota, Kader dan Simpatisan Partai seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, menyampaikan ucapannya kepada anggota Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI), yang dibacakan oleh Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto, di hadapan para anggota TPDI, yang bertempat di kantor pusat DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, pada Kamis (6/1/2022).

TPDI adalah kumpulan ahli hukum yang pernah membela PDIP dan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dalam kasus 27 Juli 1996.

Sebab perjuangan TPDI menjadi bagian dari sejarah partai berlambang kepala banteng itu yang berani secara terbuka menentang kekuasaan politik Rezim Orde Baru.

Akhirnya perjuangan TPDI itu menjadi bagian dari sejarah hingga PDI bertransformasi menjadi PDIP yang segera berusia 49 tahun

Berikut isi pesan Megawati , yang dibacakan oleh Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

“Tolong sampaikan ke seluruh anggota Tim Pembela Demokrasi Indonesia. Setiap merayakan HUT PDI Perjuangan, saya selalu merasakan getaran perjuangan penuh keyakinan dan optimisme, serta daya juang yang saat itu ditunjukkan oleh TPDI. Melalui jalur hukum yang ditempuhnya dan dukungan arus bawah yang begitu kuat, PDI akhirnya bertransformasi menjadi PDI Perjuangan.

Kesetiaan pada jalan hukum, dengan kebenaran moral dan jalan keadilan, serta berkat dukungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, akhirnya PDI Perjuangan berhasil menghadapi berbagai bentuk skenario politik yang dilakukan oleh Pemerintah Orde Baru.

Dari lubuk hati saya terdalam, saya sungguh mengucapkan terima kasih atas segala perjuangan serta dukungan dari TPDI.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Serahkan Bantuan Modal Kerja Bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil

Jakarta 6 Januari 2022

Ttd
Megawati Soekarnoputri.”

Hasto dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya akan membuat buku khusus mengenai sepak terjang dan perjalanan TPDI sebagai bagian dari sejarah PDIP. Rencananya, buku itu akan dikerjakan oleh sejumlah wartawan senior.

Dari 56 anggota TPDI yang tersisa sampai saat ini 24 orang masih hidup, juga hadir diundang untuk makan bersama sekaligus berdiskusi, diantaranya; Petrus Selestinus, Nusyahbani Katjasungkana, Didik Supriyanto, Sugeng Teguh Santoso, Erick S Paat, Erlina Tambunan, Gilbert Silitonga, Pantas Nainggolan, Simeon Petrus, Stefanus Dionysous, Tumbu Saraswati, Berlin Pandiangan, Edi Sadikun, Kaspudin Nor, Firman Akbar, Hasoloan Hutabarat, Netty Saragih, Martin Erwan, Terkelin Brahmana, dan Saut Pangaribuan.

Setelah PDIP juga menyerahkan piagam penghargaan kepada seluruh anggota TPDI.

Laporan: Koko

News Feed