oleh

Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Manggarai Serukan Kesadaran Resistensi Antimikroba

Manggarai, SwaraNTT.Net – Dalam rangka pekan kesadaran antimikroba sedunia 2022, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Manggarai, menggelar kegiatan pengendalian Antimicrobial Resistance (AMR), yang berlangsung di SMK St. Mathilda Ruteng, Sabtu (19/11/2022).

Ketua Panitia Kegiatan, Irene Magdalena, mengatakan kegiatan tersebut digelar di SMK St. Mathilda Ruteng, merupakan salah satu Sekolah Kesehatan yang ada di wilayah kabupaten Manggarai yang memiliki jurusan Kefarmasian.

Selain itu sebut, Irene, Kegiatan ini gelar agar para pelajar dapat memahami tentang obat, khususnya cara mengonsumsi obat antibiotik yang benar dan tepat.

Dijelaskan Irene, kegiatan tersebut sangat penting dilaksanakan karena tentang pentingnya kesadaran penggunaan obat antibiotik agar menghindari resistensi.

Terkait dampak resistensi Antimikroba, Irene menjelaskan jika penggunaan antibiotik tidak secara benar maka penggunaan obat antibiotik tersebut tidak mempan lagi pada pasien.

Irene menyebutkan, obat Antibiotik harus dihabiskan dan dikonsumsi sesuai petunjuk dan resep dokter agar bisa bekerja dengan efektif dalam membasmi kuman penyebab infeksi pada tubuh.

“Sebagai contoh, jika mendapatkan dosis antibiotik 3 kali sehari, berarti dari 24 jam dibagi tiga, artinya pasien tersebut perlu mengonsumsinya setiap 8 jam sekali, dengan durasi pengobatan selama lima hari atau satu Minggu bahkan sampai 2 Minggu,” jelas Apt. Irene.

Alasan utama mengapa antibiotik harus dihabiskan, kata Irene, adalah untuk membasmi bakteri penyebab penyakit hingga tuntas dan mencegah terjadinya resistensi antibiotik yang berbahaya.

Baca Juga :   Kejati NTT Kembali Menangkap Dua Tersangka Kredit Macet Bank NTT

Oleh karena itu, jelas Irene, ikutilah aturan dan cara mengonsumsi antibiotik yang tepat sesuai petunjuk dan resep dokter.

Irene berharap, para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, dapat menggunakan obat antibiotik secara bijak.

Sementara salah satu Guru di SMK St.Mathilda Ruteng, Leonardus Cardis, mengapresiasi pasalnya Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Manggarai, memilih sekolahnya tersebut untuk menggelar kegiatan sosialisasi terkait penggunaan obat antibiotik.

Kegiatan sosialisasi tersebut kata, Leonardus, sangat penting dan bermanfaat bagi peserta didiknya.

Disebutkan Leonardus, yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 60 pelajar dari jurusan Kefarmasian.

Ia berharap, dengan terjalinnya kerjasama bersama pihak IAI Cabang Manggarai, kegiatan serupa juga nantinya bisa dilaksanakan di SMK St. Mathilda Ruteng.

Untuk diketahui, setelah dilakukan kegiatan tersebut, para pelajar, guru serta para Apoteker melakukan penandatanganan Komitmen untuk mencegah resistensi Antimikroba.