oleh

IKIP Budi Utomo Malang Kuatkan Nilai Pancasila Pada Acara Sambut Mahasiswa Baru

Jawa Timur,SwaraNTT.Net – IKIP Budi Utomo Malang (IBU) kembali menggelar kegiatan Samba (Sambut Mahasiswa Baru) Episode Pancasila Sakti. Pelaksanaan kegiatan ini bertepatan dengan hari kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020. Kegiatan ini dihadiri 200 orang mahasiswa Baru.

Dengan rincian yang hadir langsung 50 orang sesuai dengan protokol C19, dan yang ikut kegiatan melalui live streaming YouTube sebanyak 150 orang.

Demikian disampaikan Humas IKIP Budi Utomo (IBU) Malang Jasuli, kepada SwaraNTT.Net melalui pesan WhatsApp Jumat (02/10/2020) siang.

Samba episode Pancasila Sakti jelas Dia, merupakan serangkaian kegiatan penyambutan mahasiswa baru dari episode-episode sebelumnya, yakni SAMBA episode Perdana, SAMBA episode Merdeka, SAMBA episode Arjuna dan SAMBA episode Srikandi.

Tema yang diusung dalam kegiatan Samba episode Pancasila Sakti ini lanjutanya adalah “Unity in Diversity”. Semangat keberagaman adalah roh Pancasila dan merupakan jati diri sekaligus cita-cita bangsa Indonesia. Semangat keberagaman ini tercermin nyata di IKIP Budi Utomo Malang, di mana mahasiswa IKIP Budi Utomo sangat beragam baik secara agama, bahasa dan budaya.

Busana yang dikenakan oleh peserta kegiatan Samba ini kata Jasuli adalah, pakaian adat nusantara. Kekayaan ini lanjutnya menegaskan bahwa IKIP Budi Utomo merupakan miniatur Indonesia.

Kegiatan SAMBA jelas Dia dihadiri oleh stakeholder pengguna lulusan yang dikemas dalam bincang santai. Stakeholder yang hadir adalah kepala sekolah dan pengasuh pondok pesantren. Para stakeholder merasakan betul bahwa alumni IKIP Budi Utomo Malang memiliki karakter yang tidak ditemui dari lulusan perguruan tinggi manapun. Karakter tersebut adalah karakter yang berbudiutama.

Baca Juga :   Ini Nomor Urut Paslon di Pilkada Kabupaten Manggarai 2020

Untuk memutus mata rantai penyebaran Virus C19, acara SAMBA dikemas dengan mengikuti protokol kesehatan. Panitia dan mahasiswa sebelum masuk ke lokasi terlebih dahulu dicek suhu tubuh, semprot disinfektan pada bilik yang sudah disiapkan, cuci tangan, dan memakai masker selama acara berlangsung. Mahasiswa yang hadir juga dihimbau untuk memastikan / memeriksakan kesehatan diri sebelum datang ke acara.

Acara ini juga dimeriahkan dengan tampilan tari nusantara yang menjadi ciri khas IKIP Budi Utomo dengan mengusung semangat berpancasila.

Sementara itu Rektor IKIP Budi Utomo (IBU) Malang Dr. Nurcholis Sunuyeko menjelaskan bahwa kegiatan SAMBA bersifat mengedukasi, menyenangkan dalam suasana keakraban dan mengenalkan kehidupan kampus, dengan cara-cara yang dibenarkan pemerintah sebagaimana dihimbau oleh Kemdikbud.

Lebih lanjut Nurcholis menjelaskan, peserta berikrar Pancasila dan Kebudiutamaan yaitu, ke-Indonesia-an, Kemanfaatan, Kepedulian, Kepatuhan dan Kepatutan. Sehingga generasi yang dihasilkan benar-benar menjunjung tinggi nilai Pancasila.

“Kebetulan kegiatannya bertepatan dengan hari kesaktian Pancasila, maka relevan ketika materi dalam kegiatan ini tentang nilai-nilai Pancasila,yang harus dijunjung tinggi, dan IKIP Budi Utomo tanamkan itu kepada mahasiswa sejak pertama kali masuk ke sini, karena kita di sini mahasiswanya dari seluruh Nusantara, ya kampus nusantaralah, berbeda-beda tetapi tetap satu, ya…persatuan Indonesia” kata Nurcholis.

“penting menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila kepada generasi penerus, generasi muda,karena mereka adalah agen perubahan,agen yang akan meneruskan pembangunan,jangan sampai mereka terkontaminasi dengan paham radikal” tutup Nurcholis.

Untuk itu Dia mengajak Mahasiswa yang belum mendaftar bisa segera daftar ulang agar bisa mengikuti SAMBA di episode selanjutnya.

News Feed