oleh

Jelang Kegiatan ASEAN Summit 2023, Kapolda NTT Cek Kesiapan Personilnya

LABUAN BAJO, SwaraNTT.Net – Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum melakukan kunjungan kerja di wilayah Polres Manggarai Barat, Selasa (24/1/2023).

Kunjungan ini sendiri dalam rangka melakukan pengecekan terhadap kesiapan dalam menghadapi pengamanan kegiatan Asean Summit 2023 di Labuan Bajo.

Ikut mendampingi Kapolda NTT pada kunjungan ini sejumlah Pejabat Utama diantaranya, Dirintelkam, Dansatbrimob dan Kabid TIK.

Di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Kapolda NTT yang juga didampingi oleh Kapolres Manggarai Barat melakukan pengecekan baik itu kesipan infrastruktur dan tentunya Kesiapan Pengamanan.

Pengecekan mulai dari rute yang akan dilalui peserta Asean Summit hingga pengecekan tempat penginapan bagi personel BKO.

Selain itu, Jenderal bintang dua ini juga melakukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti Pemda Manggarai Barat maupun lembaga dan instansi terkait lainnya guna menyukseskan kegiatan dimaksud.

Momentum ini perlu dipersiapkan secara maksimal dengan upaya penguatan koordinasi dalam rangka memastikan bahwa seluruh kementerian/lembaga dan pemangku kepentingan memiliki kesamaan pandangan terhadap agenda-agenda prioritas yang menjadi kepentingan Indonesia di ASEAN dan mampu menyinergikan langkah-langkah implementasinya agar selaras dengan tujuan nasional.

Kapolda NTT menyampaikan bahwa, kunjungannya di Labuan Bajo sebagai upaya penguatan koordinasi dalam rangka menyatukan presepsi, menyatukan komitmen terhadap agenda-agenda prioritas pada kegiatan Asean Summit nantinya terlaksana dengan baik.

“Selain kerja sama dengan Kementerian/lembaga, Pemerintah daerah dan instansi terkait guna mendapatkan informasi awal tentang pelaksanaan kegiatan Asean Summit, tentunya perlu dukungan juga dari masyarakat agar kegiatan Internasional yang sangat penting ini bisa terlaksana dengan baik tanpa gangguan apa pun juga”, terang Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum.

Baca Juga :   Universitas Terbuka Kupang Gelar Pelatihan Tutor

Dikatakannya, momentum Asean Summit di Labuan Bajo ini harus dimanfaatkan dengan baik, sehingga terlaksana dengan sukses karena ini merupakan atensi dari dari Presiden RI.

“Ini harus kita manfaatkan, karena ini merupakan atensi dari bapak Presiden agar Asean Summit di Labuan Bajo ini berjalan dengan baik”, katan Kapolda NTT.

Beberapa poin penting didapatkan dari kujungannya selama di Labuan Bajo antaralain, mendapatkan informasi tentang kegiatan apa saja yang akan dilakukan oleh para peserta Asean Summit sejak kedatangan dan kesiapan Polda NTT dalam segi keamanan mulai dari jumlah personel, perlengkapan yang dibutuhkan dan rute-rute yang akan ditempuh serta kegiatan di luar agenda Asean Summit.

“Kita ingin membangkitkan kesadaran semua pihak bahwa kita akan menghadapi event yang sangat penting, sehingga kita harus siap”, tandas Kapolda NTT. **