oleh

Juara I ADWI 2021, Bupati Hery: Wae Rebo Harus Bisa Memberi Manfaat Bagi Masyarakat Sekitar

-NASIONAL-676 views

Manggarai, SwaraNTT.Net – Konsep pengembangan Pemkab Manggarai untuk Wae Rebo tidak lagi hanya membangun Kampung Wae Rebo itu sendiri, tetapi menjadi pembangunan Kawasan Wisata Wae Rebo yang meliputi 7 Desa, yaitu Borik, Satar Ruwuk, Satar Lenda, Wongka, Satar Luju, Ceka Luju, dan Nuca Molas. Itu berarti pariwisata Wae Rebo harus memberi manfaat juga bagi masyarakat di sekitarnya.

Demikian disampaikan Bupati Manggarai, Herybertus Nabit, melalui WhatsApp  kepada SwaraNTT.Net, pada Selasa (7/12/2021) malam.

“Dalam kondisi pemulihan ekonomi seperti sekarang, penghargaan terbaik pada kategori daya tarik wisata ini mudah-mudahan membangkitkan semangat wisatawan untuk mengunjungi Wae Rebo dan Manggarai secara umum,” jelas Bupati Hery Nabit melalui pesan WhatsApp

Diketahui, Kampung Adat Wae Rebo, Desa Satar Lenda, Kacamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai – NTT, berhasil meraih juara I Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 kategori Daya Tarik Wisata.

Menurut, politis PDI Perjuangan itu, penghargaan ADWI 2021 kategori Daya Tarik Wisata untuk kampung adat Wae Rebo, tersebut bukan segala-galanya, tetapi hendaknya menjadi titik awal bagi percepatan pengembangan Kawasan Wae Rebo nantinya.

“Jadi, ada manfaat promosi. Di sisi lain, itu berarti kita ditantang untuk melayani semua kebutuhan wisatawan dengan cara-cara yang lebih baik (manfaat bagi perbaikan tata kelola). Itu berarti, komunikasi dan kolaborasi lintas sektor harus makin digalakkan” jelasnya

Baca Juga :   Jokowi Bagikan Tanah Objek Reforma Agraria Pertama di Kalimantan

Ia pun berharap Pemerintah Pusat, Pemprov NTT , Pemerintah Desa,  dan juga pihak swasta harus bersinergi dalam mengembangkan desa wisata Wae Rebo.

“Framework seperti itu tentu butuh pembiayaan yang sangat besar, sehingga butuh sinergi dengan Pemprov NTT dan pemerintah Pusat, Pemerintah Desa,  juga pihak swasta, dan swadaya masyarakat,” ungkapnya

Sebab, Wae Rebo hanya di Satu kampung, tidak bisa hanya bangun Wae Rebo saja, tetapi kampung-kampung dan desa-desa sekitar juga harus dibangun, sehingga memberi manfaat bagi Wae Rebo dan mendapat manfaat dari Wae Rebo.

“Misalnya pembangunan infrastruktur jalan di desa-desa sekitar, pembangunan spot-spot wisata, pengembangan sayur-sayuran dan buah-buahan, rempah-rempah, dan souvenir di desa sekitar” tutupnya.

Terkait penghargaan yang diraih Wae Rebo dalam Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia, Hery Nabit berharap, mudah-mudahan membangkitkan semangat wisatawan untuk mengunjungi Wae Rebo khususnya dan Manggarai umumnya dalam rangka pemulihan ekonomi.

Laporan: Ardy Leden

News Feed