oleh

Kampanyekan Kewaspadaan dan Menekan Sebaran Hoax Cara Menkominfo Mendukung Penanganan Covid-19

Jakarta, Swarantt.net – Kementrian Komunikasi dan Informatika bersama Penyelenggara Telekomunikasi secara resmi menggelar rapat dalam rangka mengampanyekan kewaspadaan terhadap penyebaran Virus Corona (Covid-19) untuk seluruh Rakyat Indonesia.

Rapat itu berlangsung di Kantor Kementerian Kominfo Jakarta, Senin 16 Maret 2020.

Hadir dalam rapat itu Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin, Dirjen PPI Kemkominfo Ahmad M. Ramli, Kepala Pusat Data Kementerian Kesehatan Didik Budijanto, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah dan Perwakilan Penyelenggara Telekomunikasi Seluler dan Fixed Broadband serta WhatsApp Indonesia.

Menurut Dirjen PPI Kemkominfo Ahmad Ramli, pihaknya bersama Operator Telekomunikasi akan berupaya semaksimal mungkin untuk mendukung penanganan Covid-19 dengan melakukan promosi dan kampanye kewaspadaan.

Dalam Kampanye Kewaspadaan itu, Kata Ahmad Ramli, Operator Seluler diminta untuk meningkatkan kapasitas dalam melakukan promo-promo kepada Masyarakat agar Masyarakat lebih berwaspada dalam menghadapi penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Dia juga mengatakan bahwa dalam kampanye tersebut Operator Seluler sudah memberikan layanan gratis untuk nomor-nomor panggilan darurat seperti 112 dan 117 bahkan pesan SMS Broadcast pun sudah bisa diterima publik melalui perangkat seluler.

“Kami akan melakukan pengukuran terhadap kualitas layanan telekomunikasi untuk menghindari penurunan kualitas layanan pada keadaan darurat saat ini” Kata Ahmad Ramli.

Selain itu, Katanya lagi, Kominfo bersama pemangku kepentingan saat ini tengah berusaha menekan sebaran hoax yang lagi beredar di Masyarakat tentang isu Covid-19.

Baca Juga :   Kominfo Buka Akses Medsos Sore Ini, WA Kembali Normal

Sebelumnya Pemerintah telah membuat Protokol Informasi guna mencegah penyebaran Covid-19.

Dukungan Tracking

Menurut Ahmad Ramli, Kementrian Kominfo bersama pemangku kepentingan tengah menyiapkan mekanisme Tracking dan Protokol Penyebaran Informasi Publik melalui layanan pesan instan. Hal ini guna mendukung penanganan penyebaran Covid-19.

“Kementrian Kominfo dan Operator Telekomunikasi mendukung penuh pelaksanaan Tracking melalui layanan seluler untuk membantu petugas kesehatan atau tenaga medis dalam upaya menangani Covid-19.

Sementara itu Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin dalam diskusi mengenai alur protokol informasi publik Covid-19 menyoroti soal ketersediaan stok perlengkapan dan lokasi distribusi Masker, Hand Sanitizer dan Termometer.

“Masalah yang dihadapi Kita saat ini terkait distribusi alat itu sehingga kedepan Kita akan berupaya lagi” Kata Budi.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah juga menyampaikan bahwa Telkom Group memberikan dukungan kepada Pemerintah terkait Protokol dan Informasi Publik Covid-19. Dukungan itu berupa memberikan layanan website tentang layanan kesehatan.

Ditulis Oleh: Berto Davids

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed