oleh

Kapal Tanker Pengangkut BBM Kandas, BBM Langka di Manggarai dan Sekitarnya

Ruteng,Swarantt.Net – Ruteng hari ini Rabu (28/08/2019) seperti kota mati. Selain PLN yang padam hampir seharian dibeberapa titik, kelangkaan BBM jenis premium dan pertalite juga terjadi di beberapa SPBU di kota Ruteng.

Pantauan media ini antrian panjang terjadi di SPBU Mena Selasa (27/08/2019) dan SPBU Mbaumuku Rabu (28/08/2019). Tetapi pemandangan yang aneh terjadi sekitar SPBU, pasalnya para pengecer BBM yang menjual dengan botol masih menyediakan BBM jenis premium dan Pertalite.

Swarantt.net berhasil menghubungi Operation Head Pertamina TBBM Reo Jodi Irawan menjelaskan, kelangkaan ini terjadi karena kandasnya Kapal tanker MT Mundu di perairan Labuan Bajo yang mengangkut BBM ke Pertamina TBBM Reo.

Lebih lanjut jelas Jodi KT MT Mundu kandas di perariran Bajo sehingga terlambat, pihaknya sudah menggerakan boat untuk menarik kapal tersebut dan sudah sandar di pelabuhan Reo pada Selasa lalu.

“Kita sudah mengerahkan boat untuk menarik kapal sehingga kapal tersebut sudah sandar di pelabuhan Reo,Selasa pagi dan semestinya BBM jenis premium dan pertalite sudah normal” katanya.

Antrian Panjang di SPBU Mena, Selasa (27/08/2019), Foto : Silve

Hal lain yang menyebabkan terjadinya kelangkaan BBM jenis premium dan Pertalite di kota Ruteng kata Jodi karena tak terkontrolnya penjualan BBM oleh SPBU kepada pengecer melalui jerigen. Sementara  Pertamina TBBM Reo kata Jodi tidak memberi batasan untuk setiap pembelian.

Baca Juga :   Seorang Janda Korban Siklon Seroja di Manggarai Belum Terima Bantuan

Kesulitan untuk mengontrol pembelian  BBM  dengan jerigen, kata Dia pertamina tidak memiliki otoritas untuk melakukan pengawasan dan penindakan kepada SPBU yang menjual pembelian dengan jerigen. Pembelian dengan jerigen lanjut Jodi semestinya hanya bisa dilakukan saat semua kendaraan sudah dilayani. Pembelian dengan jerigen itu juga tambah Jodi adalah penjarahan terhadap BBM.

“boleh isi dengan jerigen asalkan memiliki surat rekomendasi dari pihak terkait,jadi memang betul kalau kelangkaan itu terjadi di Manggarai karena maraknya jerigen yang liar” kata Jodi.

Untuk mengantisipasi ini jelas Dia semestinya aparat kepolisian melakukan penindakan terhadap pembelian dengan jerigen, dengan demikian kelangkaan yang disebabkan oleh pembelian yang tidak teratur bisa diatasi.[Silve]

Komentar

News Feed